Rabu, 02 Agustus 2017

Semangat 17 Agustus di Kampung Lubang Sari Karawang Wetan.



Semangat 17 Agustus di Kampung Lubang Sari Karawang Wetan.
Walau sederhana tapi syarat makna

Semangat 17 Agustus di kampung Lubang Sari Karawang Wetan, sepertinya berbeda dengan tempat lain, perlu di acungi jempol, apa sebabnya…, karena tiap memasuki bulan agustus warganya dengan penuh kesadaran tanpa ada menyuruh baik dari RT dan RW setempat atau dari Kelurahan untuk memasang bendera merah putih dan ditambah dengan umbul-umbul warna-warni.

Tidak ada patokan warna

Kegiatan sudah berlangsung lama di kampung ini, setelah tokoh masyarakat kampong Lubang Sari Bapak (Alm) Kamsi Sujiwa bertutur sangat sederhana “ urang mah teu ngalaman dikepung-kepung Walanda, atawa disiksa ku Jepang, tibang masang bandera tiap agustus kudu dititah wae ku aparat, sing hideng sorangan wae (kita mah tidak ngalamin dikepung-kepung Belanda, atau disiksa Jepang, hanya masang bendera aja harus disuruh ama aparat, sadar sendiri aja)”.

Semenjak itu warga kampung Lubang Sari memasang bendera dengan sendirinya tiap memasuki bulan agustus, tanpa nunggu himbauan atau arahan  dari aparat Pemerintah setempat. Dan tentunya pada hari H nya selalu diisi oleh acara permainan yang sangat sederhana, sebagaimana kegiatan 17 Agustus di tempat lain. Kegiatannya diikuti oleh warga setempat tua muda khususnya anak-anak, seperti permainan balap karung, lomba kelereng, pukul kendi dan lain sebagai. 

Biaya tidak jadi masalah
Dirgahayu Indonesia Republik Tercinta ini mugia Tuhan YME memberkahi dan melindungi dari mara bahaya, dan semoga rakyat mu makmur, sejahtera,  damai dan sentosa. Terima kasih.


Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi semua.

Karawang, 1 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar