Kamis, 10 September 2015

KONGRES JEKI SIANG dan JEKI MALAM TENTANG PASAR TRADISIONAL










Prakata
Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan didorong keinginan kuat untuk menyampaikan pemikiran dan informasi, atas selesainya tulisan cerita ini, saya selaku penulis cerita ini bersyukur dengan sangat luar biasa atas rahmatnya yang saya terima, saya juga berterima kasih kepada rekan-rekan yang sudah memberikan asupan penting atas kekurangan-kekurangan pada tulisan cerita ini.
Dalam tulisan cerita ini, saya sengaja mempergunakan bahasa sehari-hari, serta menyelipkan pemikiran-pemikiran logika-logika saya yang dhoif, juga saya menceritakan kembali cerita yang sudah ada  di lingkungan kehidupan kita.
Mudah-mudahan tulisan cerita ini dapat membawa manfaat bagi saya dan pembaca budiman sekalian, juga semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memperkenankan kita dalam setiap kegiatan, juga saya mohon perkenan pembaca budiman agar memaafkan saya dalam tulisan cerita ini yang tidak pantas diungkapkan. Terima kasih.


                                                                                                                                           Penulis,
                              Lili Yuliadi


Jeki Siang dan Jeki Malam berkongres



KONGRES JEKI SIANG dan JEKI MALAM
TENTANG PASAR TRADISIONAL
Bagian Pertama
Pertemuan antara Jeki Siang dan Jeki Malam

Pos ronda dimana-mana jadi tempat yang strategis untuk berkumpul, ngobrol-ngobrol ngaler ngidul tanpa juntrungannya, yang penting bisa ber ha’ha’hi’hi’ sesama temen-temen, ngopi bareng , ngerokok bareng, dan lain sebagainya.
Begitupun dengan dua orang tetangga yang sudah lama jadi tetangga, baru-baru ini kelihatan akrab  yaitu Jeki Siang dan Jeki Malam, mereka berdua nyaris tiap hari selalu memanfaatkan keserbagunaan pos ronda untuk diskusi dari masalah tingkat RT sampai masalah tingkat keamanan dunia, sebelumnya mereka secara teknis berdua tidak pernah bertemu di siang hari atau di malam hari, lah kok bisa begitu ya??, gimana mau ketemu,  Jeki Malam keluarnya malam hari, dia suka sekali dengan kegiatan begadang, ngeronda ga ngeronda pokone harus begadang itu prinsip  Jeki Malam, sebaliknya  Jeki Siang tidak suka yang namanya begadang sangat diharamkan bagi dia, jangan harap kita dapat nemuin dia di malam hari, makanya mereka berdua dilandih Jeki Malam dan Jeki Siang.
Prinsip  Jeki Malam berubah semenjak   Jeki Siang pulang merantau dari Ibu Kota Republik tercinta ini, pulang bawa duit banyak hasil kerja keras di sana.
 “Ane mao mengorek keterangan dari  Jeki Siang, gimana kehidupan di Ibu Kota, mudah-mudahan kalo masuk akal kenapa ga diikutin ke “Iyaciata atau jakarta” kerja disana pulang-pulang bawa duit kayak  Jeki Siang, disini mah kerjaan banyak, tapi ga ada yang bayarin alias kerja bakti, he’he’he’, gerentes hati  Jeki Malam.
“ Jek, tolong dong dongengin selama ente disana??”, tanya  Jeki Malam, “ wah  Jek, betul-betul sorga dunia disana, serba ada, kamu pengen apa aja, ada semuanya, mao siang, mao malam apa aja ada, asaalll….., sambil ngerongkong tangannya ke bungkus rokok, rupanya rokok yang dimulut  Jek Siang sudah mulai kuntung,  Jeki Siang berenti dulu ngomongnya,” terusinnn asal apa  Jek, kagok neh”, setelah menyalakan rokoknya  Jeki Siang nyaut lagi, “asalll, kamu punya duit yang banyak  Jek!” apa aja yang kamu mau pasti ada!!”, “yah itu mah kaga dikasih tau juga ane dah tau  Jek”,  “he’he’he’ iya  Jek ya.
“Disana !!, sambil tangannya menunjuk ke arah Ibu Kota, “asal mau kerja keras, kaga gengsi-gengsian  Jek!!, apa aja bisa jadi duit”, ”Usaha yang kaga ada tempat usahanya bisa dapat duit banyak,  Jek!!”, “usaha apa tuh ??, kaga ada tempat usaha dapet duit banyak, aneh??, “kaga usah aneh  Jek.. disana mah, disana orang-orangnya pinter berimprovisasi dalam usaha, untuk menambah penghasilan mereka,  Jek!!, contohnya, mereka bisa jualan makanan di kantornya sendiri, bisa ngiriditin pakaian, alat-alat masak pada temen-temennya sendiri, dalam pengupayaan menambah penghasilan, jadi gaji plus penghasilan tambahan sama dengan jadi gede”, cukup buat kebutuhan hidup dan dikirim ke kampungnya, buat bayar sekola anak yang di kampung, jadi... kalau dicermatin improvisasi itu luar biasa tenaganya, luar biasa dampaknya. “ Jek, maka nya kalau kamu mau banyak duit, harus pinter-pinter berimprovisasi”.  Jeki Malam sepertinya menyimak omongan  Jeki Siang atau sebaliknya malah bingung, he’he’he’, biarlah itu mah urusan  Jeki Malam.
Melihat raut muka Jeki Malam yang serius merhatiin,  Jek Siang tambah semangat ngomongnya, “ kata berita, si Bule dari BBC pernah survey, negeri mana saja yang paling menguntungkan untuk usaha”, “ternyata  Jek!, tau ga, negeri mana yang paling menguntungkan untuk usaha..???” sambil matanya mendelik ke  Jeki Malam,  Jeki Malam kaget bukan maen “kok nanya ane seh  Jek, ane kaga tau, ente yang tau mah he’he’he’, “ooo iya ya , setelah disurvey oleh si Bule BBC, negeri yang paling menguntungkan untuk usaha adalah “di Negeri ini Jek!!, di Republik tercinta ini Jek!!”, hebat ga???”  Jek, “disana orang dipenjarapun bisa buka usaha, asal bisa berimprovisasi dan hebatnya, usahanya selalu untung buuanyak ”, ”usaha apaan ??? di penjara,  Jek”, “liat di TV  Jek !!, emang kamu kaga pernah nonton TV?? Ooo iya ya, he’he’he’, ‘eh ngomong-ngomong BBC itu apaan?? tanya  Jeki Malam”,  Jeki Siang ngejawab dengan mulut dimonyong-monyongin, “BBC singkatan dari British Broadcasting Corporation”, “Oooo apa tuh bitis-bitisan,  Jek”, “BBC itu Siaran Radio Inggris”, “makanya... kamu harus sering-sering liat berita di TV, di radio, sering baca koran, buku , majalah, biar tambah pengetahuan dan tambah cakrawala”, “ooo kirain teh BBC singkatan dari Babakan Cianjur, he’he’he’, maklum Jek ane mah kurung batok, he’he’he”.
“Ya... pantes Jeki Siang pulang dari sana bawa duit banyak, memang Republik tercinta ini sudah terkenal kemana-mana, Negeri yang subur makmur gemah ripah loh jinawi, warganya berprilaku sopan santun, murah senyum. Saking suburnya nanem tongkat dan batu aja jadi tanaman, tapi si Jeki Siang malah pulang kampung, otak Jeki Malam berpikir keras mencoba menganalisis apa yang menjadi penyebab hakeki Jeki Siang pulang kampung ??? , emmm pembaca yang budiman rupanya si Jeki Malam berpikir seperti Auditor Ahli, jangan-jangan si Jeki Malam  pernah ikut Pendidikan dan Latihan Jabatan Fungsional Auditor di Ciawi, he’he’he’he’”, “angkatan siapa ya ??, lulus ga ya ???, waah jadi aprak-aprakan neh, ga baik untuk dilanjutkan sebaiknya kembali ke jalan yang benar”.


"Coba buka Halaman 77" perintah Jeki Malam


Bagian Kedua
Rencana Pamarentah Bangun Pasar

“Menurut ente disana serba enak, apa aja jadi duit, tapi kenapa ente pulang kampung???” tanya  Jeki Malam. Yang ditanya  Jeki Siang mata menatap jauh, sambil mengeluarkan napas plus asap rokok secara pelan-pelan, “ Jek! saya ga mao pulang kalo ga diusir mah ama pamarentah sana, karena masuk ke sana tanpa surat resmi. “Terus ente mao tinggal disini lagi ??, “ya ngga lah Jek!!, balik ke sana lagi, kan disana banyak kerjaan yang belum selesai, saya kan lagi dapet borongan merenovasi pasar rakyat atau pasar tradisonal”, “kapan ente kesana lagi ???, ntar Jek!! Kalau surat-suratnya sudah selesai, sekarang sedang diurus ama pa RT Junot, kalau dah beres mah secepatnya ke sana lagi”. “ Kalau kamu tertarik mau ikut kesana, dari sekarang urus surat-suratnya secara resmi, ini peluang buat kita , karena Pamarentah Republik tercinta ini, yang sekarang sedang getol-getolnya membangun infrastruktur untuk mendukung perekonomian seperti saya bilang tadi, Pamarentah Republik tercinta ini, sudah ngerancang akan membangun atau merenovasi pasar rakyat atau pasar tradisional selama 5 tahun harus terlaksana sebanyak 5000 pasar, ditarget pertahun 1000 pasar di seluruh pelosok negeri, hebat ga Jek!!, RRRuar biasa Jek,   “iya jek..ya, kalo kita dapet borongan kerja 1 pasar aja dah lumayan ya, apalagi 1000 pasar.., bisa-bisa kita ampe tua ngebangun pasar terus ga pernah pulang kampung neh, dan duit ngalir terussss he’he’he’. Pembaca budiman kita harap maklum dengan Jeki Malam yang berpikiran sederhana banget, hanya berpikir untuk bekerja saja tanpa memikir proses yang macam-macam. Itulah hal yang sebenarnya terjadi pada orang desa, antara cara berpikir dan bertindak sama-sama sederhana, berbeda dengan orang kota selalu penuh dengan improvisasi, he’he’he’. “Jangan ngelamun Jek, dapet borongan kerja 1 pasar aja susah banget, banyak saingan dari mana-mana. Kamu jangan punya pikiran 1000 pasar dibangun di 1 tempat saja, itu di seluruh Republik tercinta tercinta ini yang luas buaangeet.., kurang lebih  5.193.250 km², nomor 7 di dunia, nomor 2 di Asia dan nomor 1 di Asia Tenggara, negeri yang kaya raya, baik dari sumber daya alamnya, maupun dari sumber daya manusianya nomor 4 di dunia, kedua sumber daya ini merupakan modal dasar yang potensial untuk digerakan lebih efektif guna meningkatkan perekonomian yang berujung meningkatnya tingkat kesejahteraan hidup warganya. “Waaaah hebat ente Jek”, teori ente udah kaya orang-orang pinter yang suka ngomong di TV”. Kaga percuma ente merantau ke Ibu Kota sekian tahun, bukan hanya duitnya yang ente incer, tapi elmunya juga, he’he’he’, betul-betul cerdik ente Jek!! Cetus Jek Malam.

"Coba baca buku ini " Perintah Jeki Siang


Bagian Ketiga
Jeki Siang Ngutang Ke Warung Mang Juki Sore

“Jek, ngomong-ngomong rokoknya abis neh !”, “jangan khawatir tinggal ambil aja di warung mang Juki Sore, tandatangan saya masih dipercaya ama mang Juki Sore, Jek”, “ngutang Jek ???” Jeki Malam malik nanya, “iya lah saya kan termasuk al amin he’he’he’ untuk ngutang, karena saya punya kerjaan tetap di Ibu Kota he’he’he’, “Jek salah satu syarat agar dipercaya untuk ngutang di warung adalah kamu harus punya pekerjaan, kalo kamu ngutang ke warung tanpa ada jaminan bahwa kamu udah kerja, mao pake apaan bayarnya, makanya kamu harus punya kerjaan”, “siap komandan, akan diperhatikan” teriak Jeki Malam dengan semangat, “mohon ijin kalo boleh jangan rokok aja, ditambah ama temen-temennya he’he’he, “boleh-boleh ide yang bagus Jek’, “siap terima kasih komandan” dengan nada yang tambah semangat dibanding yang pertama, “tapi siapa yang mao ke warungnya ??, “tenang Jek, dont panic ada si Jefri Kecil anak Mas Jufri Kate, kita suruh ke warung”. Kemudian si Jefri Kecil dipanggil ama Jeki Siang, emang kebetulan sedang maen ama temen-temennya disekitar Pos Ronda, “Jefri,  tolong oom ya, tolong mintain rokok sebungkus plus temen-temennya ke warung Mang Juki Sore, bilangin yang nyuruhnya oom Jeki Siang ya !, “Siap oom dilaksanakan, berebet si Jefri Kecil tanpa nunggu komando lagi langsung lari menuju warung Mang Juki Sore. “nah..Jek!, model begitu kerja yang disenengin Boss-Boss disana, ngomong dikit langsung dilaksanakan ama anak buah”. Baru ngomong begitu, ga lama kemudian si Jefri Kecil datang, “waah hebat Jefri cepet amat, mana rokoknya ???”Tanya Jeki Siang, “wah oom saya lupa tadi mao nanyain masalah insentif  gimana ??? , “laah maksud loehh, apaan insentif tuh????, Jeki Siang belon nyambung ama kemauan si Jefri Kecil, Si Jefri Kecil dengan tenang ngejawab, tanpa ada rasa takut Jeki Siang tersinggung atau marah, “oom.., insentif itu maksudnya “uang jalan!!” manaaa???, mendengar tuntutannya Jeki siang Jengkel bukan maen, dengan nada tinggi  “doobilah, kamu masih di SD aja dah ngomong insentif-insentifan, apa lagi kalo sudah sekola tinggiiiii…., “kalem Jek.. kalemmmm”, Jek Malam coba nenangin temen yang aga sewot  ama anak kecil yang disuruhnya, “malu ente berantem ama kecil, kan ente tadi bilang kita harus pinter-pinter berimprovisasi kalo mau banyak duit, he’he’he’ saut Jek malam dengan tenang. “Ooo iya ya maaf-maaf saya khilaf, Jefri Kecil oom minta maaf ya, Jeki Malam bengong terkesima melihat Jeki siang minta maaf ke anak kecil, “karena langka sekali orang minta maaf terlebih dahulu, apalagi ini mah orang dewasa minta maaf ke anak kecil, kecuali dari mulut mpok Minah pada serial “bajaj bajuri” dan hari raya idul fitri”, begitu kata hatinya,  “baik, sama-sama oom, hal begini mah dah biasa dalam dunia kang aw bisnis he’he’he’, Jeki Malam tambah terkesima denger jawaban Jefri Kecil kaya orang dah berpengalaman aja, “dikasih makan apa ya neh anak, atau emang jaman yang merobah sifat dan sikap orang dengan cepet, ya mao gimana lagi jaman sekarang siaran tv berseliweran dengan mudah masuk ke semua penjuru, gerentes hati Jeki Malam. “Jadi gimana oom ???, “baik!! kamu ambil insentifnya sekalian di warung mang Juki Sore, ntar oom semua bayarin, Ok !!, sambil tangan mengepal kaya di film-film “Yess !!!” dan “horeeee temen-temen  Jefri Kecil ikut nimbrung suasana , ga nunggu komando Jefri Kecil dkk langsung   ngabecir ke warung Mang Juki Sore. “Waah kaya nya antara rokok ama insentif lebih gede insentifnya neh”, “sudah lah itung-itung sodakoh Jek, he’he’he’ celetuk Jeki Malam, ga lama kemudian Jefri Cs datang kembali, “oom trimakasih trima kasih trimakasih teriak Jefri Cs”, “ntar pesenannya dibawa langsung ama mang Juki Sore kesini”, “baik , terima kasih ya, kalian boleh maen disini asal jangan ganggu oom sedang kongres ya”, “siap!! oom”, ”tapi kalo boleh tau kongres apaan oom”, “hus pamali kamu mah belon disunat, jadi belon boleh tau kongres”, “siap!! oom Jefri Cs ngejawab dengan kompak”.
Pemirsa budiman sepertinya dongeng ini aprak-aprakan, keluar jauh dari tetekon atau pakem, jadi ga fokus mao kemana neh dongeng ini, mohon maaf terlalu banyak haming and brooming nya alias gangguan-gangguan dari semua sisi, he’he’he’, kaya nya kurang sajen neh.
“Jek tadi nyampe mana ya , kongresnya, saya lupa neh”, “wah sama Jek”, akhirnya keduanya bengong bareng ga ada yang  bicara.
“horeeee pesenan dateng kita makan lagiiii” teriak Jefri Cs sekalian bikin kaget yang pada bengong. “eiit tar dulu, kamu mah kan sudah dapet tadi, lagian ga ada makanan buat anak-anak mah”, “waduuhh ampe Mang Juki Sore yang nganterin kesini, bikin repot ya Mang,” Jeki Malam basa-basi, “ini namanya delivery order biar puas pelanggan kita, walaupun aga repot, he’he’he’, “bener tuh Jek !! Jek Siang menimpali ocehan Mang Juki Sore, “ Mang Juki !!, nganter ini ada  konsekuensinya ama harga jual   ga???, “he’he’he “pasti ada Jek..., semua pelayanan pasti membutuhkan biaya, he’he’he’, Mang Juki Sore menjawab pertanyaan dengan tenang, “selamat menikmati pesenannya”. Jek..., saya mao ke warung kembali dan ini bon nya”, “baik, terima kasih Mang, bon nya taro aja disitu ntar saya ke sana” kata Jeki Siang. “Jek!!.., jangan bengong aja nikmatin dulu hidangan ini, saya tahu kamu mao nanya tentang pasar kan ???, “ lho kok tau seh. Asap rokok hampir memenuhi pos ronda yang sempit, pertanda kongres dapat berlangsung dengan sesuai keinginan masing-masing, kedua belah pihak mendapat kepuasan tersendiri, Jeki Siang puas bisa menyampaikan pengalamannya selama di Ibu Kota Republik tercinta ini, dan Jeki Malam puas akan informasi yang diterima, juga dapet menikmati rokok, minum kopi dan lainnya tanpa harus mengeluarkan dari kantong sendiri, he’he’he’, apakah model begini juga termasuk katagori improvisasi????.

"ini bukunya" bantah Jeki Siang

Bagian Keempat
Keadaan Pasar Yang Kondusif

“Jek!!!.., pamarentah sekarang, kata ente lagi segut-segutnya bangun pasar rakyat atau pasar tradisonal  di seluruh pelosok  negeri, neh pertanyaan pertama, kira-kira apa maksudnya  ya ???. ...
“Menurut teori saya, pemimpin Republik tercinta sekarang ini cerdik mengambil keputusan untuk menggalakkan atau meningkatkan perekonomian di daerah maupun nasional melalui jalan membangun atau merenovasi pasar di seluruh pelosok negeri tidak terkonsentrasi di tempat tertentu. Ini tindakan sederhana tapi cerdik, sebenarnya kita dengan mudah membaca atau menebak respon positif atau negatif dari masyarakat terhadap kebijakan pamarentah baik kebijakan yang berhubungan langsung dengan perekonomian atau yang berhubungan perpolitikan, atau kejadian-kejadian di luar negeri yang berdampak pada perekonomian Republik tercinta ini, yaitu kita cukup memantau pasar rakyat atau pasar tradisional, karena pasar rakyat atau pasar tradisional merupakan cerminan yang nyata atau riil terjadi di tengah-tengah masyarakat, manis dan pahitnya pun dirasakan secara langsung oleh masyarakat tanpa melalui calo atau perantara, berbeda ama pasar bursa , pasar uang, pasar komoditi, nah pasar model ini hanya dirasakan oleh segelintir masyarakat saja atau masyarakat yang punya modal cukup, dan pasar ini termasuk pasar tidak nyata atau tidak riil, karena yang diperdagangkan bukan produknya tapi berupa lembaran kertas yang berisi data-data atau catatan yang dipercaya oleh semua pihak mempunyai arti yang lebih luas dibanding dengan tulisannya, harga saham naik turun berapapun kaga nendang kata ABG .
Dengan cukup melihat pasar rakyat atau pasar tradisional, kita juga bisa melihat kelancaran distribusi barang dan jasa, perputaran uang, dan tanpa pusing-pusing memakai rumus ekonomi makro dan mikro” jawab Jek siang dengan yakin. “waah ente ternyata mempunyai teori dan pengetahuan yang luas, Jek !!“, “bener kata ente, “kalau kita melihat keadaan pasar yang kondusif, banyak tindakan jual beli antara pedagangan dan pembeli, secara gampang kita bisa menyimpulkan sementara bahwa perekonomian Republik tercinta ini berjalan dengan baik, tapi bila terjadi kenaikan harga, di pasar rakyat atau pasar tradisional akan berisik, berisi keluhan, bahkan tudingan-tudingan dengan enteng dilemparkan ke pamarentah dari pedagang atau pembeli, seperti kenaikan harga BBM, kenaikan kurs mata uang dollarpun bila naiknya signifikan akan berpengaruh terhadap peningkatan harga”, “so.. pasar juga bisa jadi salah satu indikator yang efisien, ekonomis dan efektif bagi tingkat keberhasilan dan kegagalan, penerimaan atau penolakan kebijakan pamarentah Pusat dan Daerah. Para pengamat ekonomi dan pengamat politik tidak perlu susah-susah mengkalkulasi tingkat pertumbuhan dan kepercayaan masyarakat seperti yang ente katakan tadi pake rumus ekonomi mikro, makro ataupun dengan rumusan  apogadro, cukup datang ke pasar rakyat atau pasar tradisional saja”, “waah Jek !!, saya tidak nyangka kamu juga bisa berteori he’he’he’, tapi yang kita omongin tadi bener ga ya??”Jeki Siang kebingungan, “kaga usah dipikirin bener kaga bener omongan kita tadi, yang penting bagi kita sudah melaksanakan tugas dan kewajiban kita untuk mengeluarkan pendapat, biar memenuhi ruang kosong pada kertas tulisan, bener kaga bener mah bukan urusan kita itu urusan pembaca yang budiman he’he’he’, timpal Jeki Malam sambil terkekeh.
“Jek ! pertanyaan ane yang pertama dah ente jawab dengan memuaskan, sekarang pertanyaan yang kedua, selain jawaban itu kira-kira ada maksud lainnya ????.”ooo , tenang Jek!. Kita nikmatin dulu kue-kue ini”, sambil mulut masih penuh ama kue, Jek Siang berusaha menyenangkan temennya yang keliatan haus akan informasi darinya.“Begini, Jek !, pembangunan atau renovasi atau revitalisasi atau apalah istilahnya, itu dilakukan demi semata-mata ingin meningkatkan kesejahteraan rakyat Republik tercinta ini secara merata, karena pembangunan hingga kini, masih terpusat di kota-kota besar, mereka anak-anak Republik tercinta yang berada di pedesan yang jauh dari pusat kekuasaan hingga kini masih ada yang belum sepenuhnya menikmati kemerdekaan yang hakeki, untuk mencapai kesejahteraan, harus meningkat perekonomiannya, daerah maupun pusat, lokal atau nasional. Pembangunan pasar ini diharapkan oleh dalam sekenarionya harus dapat meningkatkan perekonomian tingkat daerah atau tingkat lokal, menggairahkan perekonomian rakyat, bilamana nanti perekonomian tingkat daerah atau tingkat lokal bergairah akan berdampak ke pertumbuhan ekonomi secara makro atau nasional, mungkin perancangnya berkosentrasi kepada teori mikro, mungkin mereka berpendapat bahwa pembangunan nasional harus berbasis perekonimian yang kuat, basis perekonomian yang riil adanya di kalangan masyarakat secara langsung, dan harus diingat Jek !, bahwa rakyat Republik tercinta ini sebagian hidupnya masih di pedesaan, katanya Jek! Antara penganut teori mikro dan makro ini selalu tidak akur dalam penentuan kosentrasi kebijakan pamarentah, mikro dulu atau makro dulu”.”oooo begitu ya” Jek Malam terkesima dengan penjelasan Jek Siang, “Jek!, kirain teh mikro ama makro bukan teori ekonomi, waktu ente bilang mikro dan makro, pikiran ane mah ngelayang ke Cikarang Bekasi ama Karawaci Tangerang disitu ada makro yang itu bukan ya ?, juga apa hubungannya antara pembangunan pasar ama makro  he’he’he’ Jek Malam sambil cengengesan”, tapi kamu ngertikan sekarang ? “siap boss ngarti !! he’he’he’ ”.

Tidak mau mengalah


Bagian Kelima
Kopi Dangdut

 “Jek !, ane boleh ngeluarin pertanyaan ke tiga ga?“, “boleh Jek!!” timpal Jeki Siang, “kira-kira menurut ente pembangunan pasar tradisional bisa meningkatkan perekonomian khususnya tingkat daerah atau lokal gimana caranya ??”, tapi sebelum dijawab kopi ente dah dingin tuh, minum dulu’ pinta Jek Malam. ”Jek!! betul !!, yang bikin otak jadi encer kopi ama rokok ha ha ha “, “ini kopi apa neh ?? tanya Jeki Siang, “biasaa kopi item lah. emang kenapa ?? ” Jeki Malam balik nanya pake muka serius, “Jangan jadi kasus kayak nenek saya, waktu saya baru pulang dari Jakarta, kan banyak bawa oleh-oleh termasuk kesukaan dia, kopi...,  beliau girang banget, saking girangnya dapet kopi dari kota, langsung diseduh.., nenek saya ngopinya sambil joged-jodeg, pikiran saya joged-joged itu karena saking girangnya, “nek girang seh girang, pake joged-joged segala tuh anak-anak pada ketawa lihat nenek joged-joged”, “iya Jek, nenek juga bingung  ga ngarti kenapa bisa begini.., aneh...” jawab nenek saya sambil joged terus. “Besok paginya si nenek  joged-joged lagi, pake musik lagu dangdut, “wah si nenek aktif nek pagi-pagi dah senam ??”, “ tau neh Jek!!.., aneh..bawaannya” jawab nenek singkat. “Jek !!, besokannya si nenek tuh joged lagi, mending kemaren mah pake musik dangdut segala, ini mah ga ada musik nya si nenek joged terus”. Perasaan ga enak timbul jangan-jangan kopi bawaan saya neh biang keroknya, saya lihat ada secangkir kopi  deket si nenek yang lagi terus joged, ya panteees aja si nenek tiap ngopi joged terus, ngopinya “kopi dangdut”, jadi ngedangdut teruuus, “ hua ha ha ha”, Jeki Malam ketawa terbahak-bahak, dia kejebak.
“yu kita terusin, menurut info yang dapat dipercaya, banyak sekali jumlahnya, ratusan bahkan ribuan bangunan pasar tradisional yang kondisinya sudah memprihatinkan, karena sudah tua dimakan usia dan  harus di renovasi atau diperbaiki, agar berfungsi kembali sebagaimana layaknya sebuah pasar yang refresentatif, yang selanjutnya dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung pasar, pembeli dan pedagang. Kondisinya seperti bangunan sudah miring, dindingnya bolong-bolong, genteng kalau hujan bocor mana-mana, gang diantara los becek karena tidak semen, tidak ditegel, tidak ada tempat pembuangan sampah yang memadai, penempatan pedagang tidak teratur di dalam maupun di luar pasar, penempatan barang jualan melebihi tempatnya hingga mempersempit gang antara los, saluran air atau got tidak terus, dari segi pengelolaannya pun atau manajemennya tidak tertata dengan baik”, “banyak tikus shantung juga !!! he’he’he’ tambah Jeki Malam.
“Dengan bangunan yang bagus, bersih, tertata, keamanan terjamin seperti yang dikatakan tadi dapat meningkatkan kenyamanan berbelanja, yang selanjutnya mudah-mudahan dapat merangsang minat pengunjung atau pembeli yang datang ke pasar tradisonal atau pasar rakyat, dan yang terpenting membelanja uangnya, nah Jek!!, kalau pasar bersih mah orang yang tadi iseng-iseng aja, cuma ngeliat-liat, akan tertarik untuk belanja sesuatu, tadinya ga niat untuk belanja, karena pasarnya bersih jadi belanja. Transaksi-transaksi terjadi dipasar dapat diartikan pasar tersebut bergairah atau hidup. Hal  ini diharapkan dapat meningkatkan  perekonomian daerah atau tingkat lokal dan secara berantai mendongkrak perekonomian secara nasional”.” Jek!!, tetapi sebaliknya kalau pasar itu kumuh, jorok, kotor dan sebagainya, jangan harap ada pembeli yang datang secara rutin untuk berbelanja di pasar, mungkin mereka akan berbelanja di tempat lain, atau tempat pesaing pasar lainnya, lama kelamaan pasar akan sepi pembeli atau pengunjung, dan pedagang rugi, pedagang bangkrut, pasar pasti kosong melongpong karena tinggal pembeli yang penyebabnya pasar tersebut tidak bisa merubah dirinya”, “tadi ente bilang pesaing pasar, emang ada??? Tanya Jeki Malam keheranan, “ini pertanyaan keempat ya ?”, “iya Jek!!”, ”ada Jek!!, pesaing pasar pasar seperti pedagang keliling, pedagang kaki lima, pasar modern, super market,  atau hyper market”, “pedagang keliling kok bisa jadi pesaing pasar ?? kan mereka membeli bahan dagangannya di pasar juga???”, “iya kalau mereka beli dipasar, tapi kalau beli langsung dari kebun atau petaninya ga lewat pasar dulu, langsung di jual ke masyarakat”, “terus kalo pedagang kaki lima, gimana??”, “hampir sama dengan pedagang keliling, bedanya pedagang kaki lima diam ditempat, tapi tempatnya bukan peruntukan mereka, seperti di trotoar-trotoar, taman-taman, dan tempat-tempat yang strategis untuk berdagang. Pasar kumuh, becek, kotor pembeli akan males masuk ke pasar mending beli di pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar atau pelataran parkir. Super Market atau pasar modern sudah jelas mereka memberikan pelayanan yang jauh berbeda dengan pasar rakyat atau pasar tradisional, ber AC, bersih, nyaman, aman dsb”,”oo...ya, hebat ente ngejelasinnya, enak didenger, ane jadi tahu kalo pasar punya saingan, terus Jek !! kalo pasar tradisonal atau pasar rakyat ama pasar modern apa bedanya ???, dan apa bedanya pasar di perkotaan ama pasar di pelosok atau pedesaan, soory...Jek 2 pertanyaan sekaligus, jadi total dah enam pertanyaan.. he’he’he’ boleh kan ??.


"Dari atasnya sudah begitu 


Bagian Keenam
Barang Yang Dijual Di Pasar dan Air Kemasan

Pembaca yang budiman rupanya Jeki Malam sangat serius menyimak ocehan dari temennya.. Jeki Siang. “Saya seneng kalau kamu banyak tanya arti kamu banyak ingin tahu permasalahan...,  saya jawab pertanyaan tentang perbedaan pasar di perkotaan sama pasar di pelosok atau di pedesaan, diantara keduanya tidak perbedaan yang menyolok, barang yang dijualpun sama antara pasar diperkotaan ama pasar di pelosok atau pedesaan, bangsaning sayuran, kol, cabe, bawang , terigu, beras dan barang kelontong lainnya, serta pakaian sehari-hari atau pakaian anak-anak, cuma yang bikin beda ama di perotaan hanya jumlah hari pasarnya, kalau diperkotaan full 7 hari dalam seminggu, kalo di pedesaan rata-rata 2 hari dalam seminggu, “kenapa Jek..!!, di pedesaan hanya 2 hari saja, beda ama di kota samapai 7 hari bukanya” Tanya Jeki Malam memotong kalimat Jeki Siang, “ntar dulu Jek..!, sabar saya jelasin sekalian”, “iya neh.. Oom Jeki Mah ga sabaran” Jefri kecil nambahin, rupanya Jefri Kecil ikut dengerin kongres ini dengan seksama, “eeh nt ikut-ikutan, kenapa nt diem disini bukannnya maen sama temen-temen nt disana” kata jeki Malam ke Jeftri Kecil sambil tangannya menunjuk ketemen-temen Jefri Kecil yang asik bermain di sekitar Pos Ronda atau tempat kongres, “yeeh emang ga boleh dengerin oom-oom lagi kongres??”, “booleh Jef” jawab Jeki Siang, “kamu diem aja disini, kali aja oom nyuruh kamu lagi..”, “siap..oom emang itu yang diarep-arep” Cetus Jefri Kecil keceplosan, “panteeess, nt nongkrong aja disitu rupanya ada udang dibalik batu ya..! hardik Jeki Malam agak kesel, “itu juga termasuk improv.. Jek.., harus pintar-pintar membaca peluang bisnis”, “betul oom Jek..” cetus Jefri Kecil, “diem loe” bentak Jeki Malam, “ diakan masih kecil pikirannya duit melulu”, “ ga apa-apa..Jek..!.  kecil-kecil sudah pinter cari duit kalau sudah besar sudah kaya raya, tuyul aja kecil-kecil pinter cari duit… he’he’he’ Jeki Siang dan Jefri Kecil tertawa, apalagi Jefri Kecil tertawanya kenceng banget karena ada yang mendukungnya, Jeki Malam bengong dalam pikiranya “set dah dedemit aja dijadiin contoh buat cari duit, tapi bener juga seh, daripada ane udah jebrog kaga pinter-pinter nyari duit, he’he’he”, “ tadi nyampe mana ya..? jadi lupa neh”, wah sama.. Jek !!timpal Jeki Malam, “nyampe pasar di desa hanya 2 hari..” celetuk Jefri Kecil, “oo iya, untung ada kamu Jefr…., kamu seh motong pembicaraan, kalo bisa jangan dipotong dulu ya!!, “baik Jek.!!, kita terusin lagi kongresnya, he’he’he’ ” Jawab Jeki Malam. “Baik kita terusin kongresnya biar tuntas…”, ” pasar rebo yang bukanya hanya hari rebo aja, pasar kemis yang bukanya hari kemis aja, juga luas area pasar diperkotaan jauh lebih besar dibanding di pedesan, terus jumlah pedagangnyapun lebih banyak di perkotaan, di banding di pedesan, karena di perkotaan jumlah penduduknya lebih banyak, itu mempengaruhi jumlah pembeli yang datang ke pasar dan tentunya akan bertemu dengan pedagang yang lebih banyak dibanding dengan pasar di pedesaan, itulah salah satu penyebab kenapa pasar di pelosok atau dipedesan tidak full 7 hari dalam seminggu, karena jumlah penduduknya masih kurang siap yang belii….??, maka pasar cukup buka hanya 2 hari dalam seminggu, ketentuan 2 kali dalam seminggu tidak ada aturannya, itu hanya perkiraan atau keputusan dari pedagang itu sendiri”, “ dan untuk perbedaan pasar modern dan tradisonal, ntar ya..., mao minum kopi dulu..., yah kopinya abis neh, ngga terasa ya dah abis aja kopinya”, “kalo air kemasan mao ??”Jeki Malam nawarin air kemasan, “mau aja kalau belum dibuka mah..” , rupanya Jeki Siang kehausan sedari tadi beliau menjawab 6 pertanyaan Jeki Malam, singkat cerita 1 botol plus 1 gelas air kemasan habis ditenggaknya. “Nah Jek!!, sebelum menjawab pertanyaan kamu tentang perbedaan pasar tradisional dan pasar modern, saya mao tanya tentang air minum ini, menurut kamu ada yang keliru ga ???, sambil kerung-kerung jidatnya Jeki Malam mencoba mengamati air kemasan dalam botol dengan seksama, dia puter-puter botolnya, dibolak balik botolnya untuk dicari barang kali ada yang keliru, hingga 2 balikan Jeki Malam mengamati botol kemasan dimaksud. “nyerah Jek, kayaknya ga ada masalah, clearrr..., “ adaa...!, menurut analisis saya” jawab Jeki Siang sambil kepalanya diputer-puter niru gaya Sentilan Sentilun di acara TV swasta, sambil mengangkat botol kemasan “Jek ..!! pabrik air kemasan ini ada dimana??”, “pasti di kota...”, ”airnya darimana???, “dari air gunung..., langsung diambil dari mata air di kaki gunung”, “ pegunungan atau gunung ada dimana???, di kota atau di desa??”, “pasti di desa, sekian puluh kilometer dari kota”, “ jadi prosesnya, air kemasan bahan bakunya diambil langsung dari mata air yang berada di kaki gunung, kemudian air tersebut dibawa ke pabrik yang ada di kota atau perkotaan,   diproses hingga jadi air dalam botol, kemudian dijual ke konsumen di kota dan pedesaan, mungkin air kemasan itu sampai juga ke desa dimana sumber bahan bakunya diambil dari mata air yang ada didesa itu, dan dijual dengan harga sama bahkan lebih dibanding harga di kota, karena ada ongkos pengiriman”. “Jek...! artinya orang desa mensubsidi orang kota atau orang desa yang membayar orang kota, seharusnya orang kota yang mensubsidi orang desa, ini terbalik...., disitulah Jek..! kelirunya, anehnya keterbalikan ini tidak dikeluhkan oleh orang desa maupun orang kota, jelas orang kota tidak akan mengeluh karena dalam posisi diuntungkan dibanding orang desa”. ”jadi Jek.. harus gimana supaya orang desa diuntungkan” tanya Jeki Malam penasaran, “gampang aja Jek..., yang punya sumber daya alam yang punya orang desa, yang punya mata air adalah orang desa, paksa orang kota harus membikin pabrik air kemasannya di desa itu, biar orang desa bekerja di desanya sendiri, itukan mencegah urbanisasi”, “ oo...iya..ane baru ngerti..., tapi Jek ... menurut analisis saya” Jeki Malam meniru gaya Jeki Siang yang meniru gaya sentilan sentilun yang memuter-muter kepalanya “masih ada kelemahannya, kenapa orang desa tidak bisa mempertahankan  keuntungan posisi tawar dibandingkan orang kota, bahkan mempersilahkan orang kota mengekploitasi  sumber daya alamnya, karena pemberi izin itu adanya di kootaaa...., pa lurah juga  digaji nya ama orang kootaa....he’he’he’” Jeki Siang tertegun mendengar ocehannya Jeki Malam, dengan sportif Jeki Siang mengakui dan menghormati pendapat Jeki Malam, soo..sportifitas itu tidak hanya di dunia olahraga saja, tetapi harus bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta suasana kehidupan yang harmonis, dinamis, dan sedap dipandang.
Baiklah Pembaca budiman kita balikin acaranya ke acara sebelum air kemasan. Dengan menarik napas dalam-dalam Jeki Siang menjawab pertanyaan perbedaan pasar, kalo ada pembaca budiman yang menanyakan kenapa Jeki Siang menarik napas dalam-dalam??, suumpaaahh…!!  Saya selaku penulispun sampai sekarang tidak tahu kenapa Jeki Siang narik napas dalam-dalam, mungkin untuk mencari selah jawaban yang tepat buat Jeki Malam, atau mungkin beliau punya penyakit asma yang akut, atau... mungkin cuma beliau sama Tuhan Yang Maha Esa yang tahu mah.




Bagian Ketujuh
Keunggulan Masing-masing Pasar

“masalah air kemasan dah paham.., sekarang masalah perbedaan pasar tradisional dan pasar modern”. “Masing-masing pasar punya keunggulan-keunggulan tersendiri atau nilai-nilai yang khas, kata orang sana mah competitive advantage, pertama.. pasar modern harganya tidak bisa ditawar, karena harganya sudah nempel dibungkusannya, jadi pembeli cukup plototin tuh  harganya aja, suka ambil, ga suka jangan diambil..., kalau pasar tradisional ada tawar menawar, bahkan ibu-ibu mah katanya kalau nawar ga pake kira-kira bedanya cuma Rp.50,- ditawar sampai jam-jaman, barang sudah dibeli bisa ditukar kembali, dipasar modern mutu barang sangat berstandar, rata-rata bermutu bagus, di pasar tradisional barang yang dijual mutunya bermacam-macam, makanya ada tawar menawar dan boleh ditukar kembali, tergantung keahlian dan kejelian kita selaku pembeli, pasar modern mempunyai pelayanan standar, karena karyawannya ditatar terlebih dulu, beda ama pedagang pasar tradisional tidak melalui penataran dulu, makanya di pasar tradisional tidak standar perangai dan senyum  pedagang, ada senyum maniisss, senyum menawan, bahkan senyum kecutpun ada, he’he’he’..., Jeki Siang tertawa sendiri,  “pasar modern ruangan nya ber AC, pembayarannya terpusat di kasir , sedangkan pasar tradisional tidak ber AC, ventilasi udaranya tidak bagus, pengap, pembayaran di masing-masing pedagang, pasar modern menawarkan barang tidak terlalu komplit dibanding dengan pasar tradisional, contoh pasar tradisional ada pedagang ayam hidup, bebek  hidup, di pasar modern tidak ada, busana pembeli pada pasar tradisional tidak standar atau tidak perlu bagus-bagus, bagi laki-laki cukup pake kaos oblong, sepatu boots, sandal capitpun jadi, bagi perempuan pake daster atau pakaian sederhana yang penting auratnya tertutup, sudah cukup bisa datang ke pasar tradisonal tanpa akan diperhatikan oleh Satpam atau sekuriti, ini belum tentu dapat diterima di pasar modern, dan yang terakhir tata kelola profesional diterapkan pada pasar modern, sebaliknya pada pasar tradisonal kebanyakan tidak dikelola dengan baik” begitu Jek...!, ada pertanyaan lagi.. ?, “menurut ane mah yang penting terletak pada tata kelola yang baik agar diterapkan pada pasar tradisional agar tetap bertahan dari persaingan dengan pasar modern, karena pasar tradisional mempunyaiiii..., Jeki Malam mencoba mengingat-ingat kata-kata yang barusan didenger dari penjelasan Jeki Siang.., o...ya, mempunyai keunggulan atau ciri khas.., competitive advantage, betul kan Jek..?, Jeki Malam nanya, “betul.. Jek..!!, tapi dalam hati Jeki Siang sendiri sebenarnya beliaupun ga yakin bahasa asing yang digunakan sudah cocok atau belum dengan kalimatnya, he’he’he’ Jeki Siang tertawa kecil. “Jek ..!, kenapa harus memaksakan pake bahasa asing seh ??”, “biar kedengerannya intelek, terpelajar dan keren .., he’he’he’ timpal Jek Malam sambil terkekeh”,  “Jek..!!, kamu mah benar…, memang  itulah kenyataan di kita, kita terlalu sering menyerap kata kata asing di banding dengan kata-kata daerah untuk memperkaya atau untuk diselipkan dalam kontek komunikasi, mungkin agar terlihat intelek, terpelajar atau ingin terlihat keren aja, nyambung atau tidak, ga jadi masalah yang penting pake kata-kata asing, apa itu tidak melenceng dari semangat sumpah Pemuda 1928 ???,  “Jek..!! perlu diingat Republik tercinta ini, adalah salah satu negara yang pernah dijajah oleh sedikitnya 3 negara asing dari Eropa dan Asia yaitu Jepang, tetapi Republik tercinta ini tidak menerapkan bahasa penjajahnya dengan luas,  di banding dengan negara-negara tetangganya, baik itu bahasa Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris, Perancis dan bahasa Jepang tidak laku, padahal Republik pernah dijajah oleh mereka tersebut, hanya yang ga kira-kira ngejajah Republik tercinta ini adalah Belanda sampai 350 tahun lamanya.         Pada waktu itu, pemimpin Republik tercinta ini lebih suka memakai bahasa Indonesia, karena terlihat jiwa berkepribadian kuat untuk mendorong rasa Nasionalisme tinggi, sebagai modal dasar menuju kemerdekaan Republik tercinta ini”. “Jek..! kalau dilihat secara seksama bahasa merupakan bentuk budaya manusia yang paling tua dibanding budaya lainnya, hanya melalui bahasalah pembentukan watak atau karakter pribadi atau bangsa dapat terwujud dengan baik. Atau sebalik dengan bahasa pula dapat merusak budaya, berikut tatanannya suatu bangsa atau Negara.  “ katanya, keberhasilan pemimpin ditentukan oleh karakter, kepribadian atau wataknya, begitu pula dengan kemajuan dan ketertinggalan suatu bangsa ditentukan oleh karakter, kepribadian atau watak, tidaklah heran Pa Karno, maksud saya Pa Sukarno Proklamator Republik ini pernah membuat  program National Building dan Character Building atau yang kita kenal dengan Pembangunan karakter nasional, begitu pula dengan Pa Suharto Presiden Ke Dua Republik tercinta ini, dengan program P4, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Kewaspadaan Nasional. Kedua Pemimpin ini menyadari bahwa pentingnya bangsa yang berkarakter, berkepribadian akan menjadi bangsa yang unggul dan bermartabat, juga Pa sudarnoto penggubah lagu “garuda Pancasila” pada tahun 1956, memperlihatkan betapa pentingnya kepribadian bangsa, dapat dilihat pada bait berikut ini, “Pribadi bangsaku, ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju maju” Jeki Siang menyanyi sebait lagu Garuda Pancasila, kedua pemimpin bangsa ini untuk menerapkan kepribadian bangsa, terinspirasi oleh lagu ini atau tidak , wallahualam bissawab hanya Allah yang Maha tahu sesungguhnya, tetapi program-program tersebut belum berbuah sebagaimana diharapkan, karena terjadi perubahan politik yang sangat mendasar”, “ Jek.., Jek.., suara Jeki Malam menghentikan ocehan Jeki Siang, “ sory Jek..!, jangan terlalu jauh dari topik pasar aja.., nanti kita dikira sok tahu, sok pinter, menggurui dsb…” Jeki Malam coba mengingatkan, kontan Jeki Siang kaget, sambil mengadahkan tangannya ke atas “Astaghfirullah hal adziiiim….., mugia Alloh Shubhanallah wa taala mengampuni dosa-dosa hamba Mu ini yang telah lancang berbicara kemana-mana”, “aamiiinnn“ Jeki Malam mengamininnya, “Jek…!,tuh sekalian minta maaf ke pembaca budiman, mereka sudah jengkel kalo ente ngomong suka aparak-aprakan..,hi’hi’hi’ , mereka ingin tau selesainya  kongres ini sampai kapan”, tambah Jeki Malam sambil cekikikan…, “juga mohon kiranya para pembaca budiman agar memaafkan segala amal perbuatan temen ane yang bernama Jeki Siang yang tidak berkenan di hati sodara-sodara, dan ane mohon secara khusus ke Pa Ulis untuk membatasi ruang gerak Jeki Siang agar terciptanya sekon ehh sikon maksudnya he’he’he’ yang terkendali pada acara kongres ini”, “ betul...! Pa Ulis...!, dah 3 jam saya nongkrong disini belon ada kesimpulannya, padahal kesimpulan itu pentung ehh penting hi’hi’hi’ Jefri kecil nimpali sambil cekikikan.  “Sebentar..!! saya potong dulu, yang dimaksud dengan Pa Ulis adalah Penulis, mereka menyingkatnya sesuai dengan pekerjaan, dan agar terdengar kekeluargaan, itulah model berkehidupan di pedesaan”.






Bagian Kedelapan
Musyawarah Semangat Demokrasi Pancasila

Baiklah pembaca budiman, saya akan mengeluarkan maklumat “setelah menimbang, mengingat dan memutuskan, untuk memenuhi permintaan Jeki Malam dan Jefri Kecil untuk membatasi ruang gerak Jeki siang agar tercipta suasana yang kondusif dan terkendali, sesuai dengan harapan kita semua”, mendengar maklumat model begitu Jeki Siang marah “ heiii Pa Ulis jangan seenaknya mengeluarkan maklumat ya..!, saya akan dibatasi ruang geraknya, saya mau tanya ke Pa Ulis dasar hukum maklumat ini  apaa???, ini tidak benar, melanggar KUHP, melanggar HAM, pa ulis...!, Republik tercinta ini adalah Republik berdasarkan demokrasi, harus mengutamakan orang banyak, tidak boleh sewenang-wenang, tidak boleh mementingkan sendiri dan golongan” teriak Jeki siang sewot, “sabar jek..!! penulis coba memenangkan Jeki Siang, “baik kita musyawarah dulu”, “sebentar…, kenapa harus musyawarah dulu?? Potong Jeki Siang, “musyawarah adalah salah satu semangat demokrasi  Republik tercinta ini atau demokrasi Pancasila, tertuang dalam sila ke lima “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan/ perwakilan”,  semua terlibat, Jeki Siang, Jeki Malam, Jefri Kecil dan pemirsa budiman, tetapi sebelumnya saya mohon maaf melibatkan pemirsa dalam memecahkan masalah ini….., karena musyawarah ini sudah di seting sedemikian rupa hingga tidak memakan waktu lama, musyawarah sudah selesai dengan keputusan yang bulat bahwa jeki Siang tidak boleh aprak-aprakan dalam menjelaskan jawaban-jawaban dan hasil musyawarahpun meminta kepada jeki Malam untuk memberi kode berupa dehem atau batuk-batuk kecil apabila jeki Siang terlalu jauh penjelasannya, “Gimana para hadirin Setuju hasil musyawarah ini… ???” “ setujuuuu…..” suara hadirin kompak sampai bergetar dan hampir merobohkan pos ronda, untung di kongres itu tidak ada ahli gempa, kalau ada.. sudah pasti dihitung skala Richternya he’he’he’..., “demi kongres berlangsung dengan lancar, hidmat dan terhormat tanpa ada alasan yang lain dan dibuat-buat oleh saya menerima hasil muyawarah ini dengan sepenuh hati” jawab Jeki siang bak politisi kahot, “tapi saya ga terima sila kerakyatan jadi sila ke lima, seharusnya sila ke empat, kalau sila ke lima ituu… “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” begiiiitu juragan…., tambah Jeki Siang geregetan“, “ooo  maaf….maaf saya khilaf”,  ”untung Pa Karno sudah meninggal, coba kalau belum pasti pa ulis dimarahin sama beliau ngeganti sila sebarangan aja  he’he’he’”, Jeki Siang nertawain pa ulis yang sedang kebingungan “kenapa semua pada diaam aja, apalagi kamuuu Jefriii.., kan kamu masih sekolah.., “ yeeh pa ulis mah kok saya yang disalahin..??,  urusan Pancasila mah bukan urusan anak sekola aja, tapiii urusan semua        umat Republik         tercinta ini , termasuk oom-oom  dan pa ulis sendiriiii” teriak Jefri kecil jengkel, “ makanya kalo nonton TV cari acara yang nambah wawasan berkebangsaan, jangan sinetron meluluuu….”, “nah loe malah kita dinasehatin ama anak kecil..!”, “ga apa-apa kita dinasehatin ama anak kecil, kalau bener mah kenapa kita tolak..??, kan kita sering makan telor ayam atau telor bebek..”, “Pa Ulis…, apa urusannya antara nasehat anak kecil ama telor ayam..?? Tanya Jeki malam keheranan.., “baik.., Jeki..! kamu suka makan telor ayam atau telor bebek ???, “suka buanget..Pa Ulis..” jawab Jeki Malam, “ waktu kamu makan telor, kamu merhatiin atau mengingat-ingat telor ini keluarnya dari apanya ayam ??, pasti ngga..!, padahal tempat keluar telor sama dengan tempat ayam buang kotorannya, kenapa kita ngga merhatiin, kenapa kita ngga jiji , karena telor ini mengandung hal yang baik yaitu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita, pendapat atau nasehat dari Jefri Kecil kita harus hargai karena mempunyai nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, disitulah falsafah hidup hal-hal yang baik atau benar yang datangnya dari anak kecil orang dewasa atau siapa saja kenapa kita harus menolaknya atau menyangsikan kebenarannya” , “waah benar juga Pa Ulis, iya ya saya baru eng ngeuh “tapi…,harus diingat Jek..!, kebenaran yang kita utarakan ini tidak ada yang mutlak, kebenaran kita ini bersifat nisbi atau relatif, kebenaran mutlak hanya ada pada Tuhan YME”, “iyaa Pa Ulis, kita kapan neh balik ke acara kongresnya..??, makin panjang aja neh acara he’he’he’ sambil tertawa Jeki Malam melontarkan pertanyaan. “oo.. iya untuk mempersingkat waktu silahkan kongres dimulai kembali” Penulis memberi komando ke peserta kongres”. “sesuai dengan amanat musyawarah saya siap melaksanakan tugas sebagai oposisi untuk mengingatkan Jeki Siang” sambung Jeki Malam semangat. “Jek..! ente tadi sudah ngejelasin jumlah hari pasar dan perbedaan antara pasar rakyat atau pasar tradisional dengan pasar modern, sekarang ane mao tanya jenis barang apa saja yang dijual di pasar tradisional..?, “yang dijual di pasar tradisional lebih komplit dibanding ama pasar modern, seperti bawang merah, bawang putih, kangkung, bayam tomat, kentang, beras dan sayuran lainnnya, daging sapi, ayam, ikan darat ikan laut, bahkan ayam hidup, bebek hidup, bahkan kambingpun ada di jual langsung, kemudian gula, terigu, minyak sayur, bahan-bahan kue, makanan kering atau kue kering yang di kilo atau kue kaleng dan pakaian jadipun ada tersedia baju untuk orang dewasa sampai baju untuk anak-anak, sepatu dan sendalpun ada komplit semua, transaksi-transaksi di pasar ini diharapkan akan meningkatkan ekonomi lokal, meningkatkan pendapat” jeki siang menjelaskan sedetail mungkin, “Jek…! Mudah-mudahan ane salah merhatiin keadaan jenis barang yang dijual di pasar tradisional, kata Koran-koran masih banyak jenis sayuran ada yang masih didatangkan dari luar kota khususnya dari pasar induk, pakaian jadi dari luar kota, begitupun dengan beras, terigu, minyak goreng dan lainnya masih didatangkan dari luar kota, bahkan lebih parah lagi hampir semua jenis barang yang dijual di pasar tradisional ini berasal dari impor, menurut logika saya yang dhoif ini, karena sebagian besar barang jenis barang yang dijual dipasar tradisional itu dari luar kota, lama kelamaan uang yang ada di desa akan habis tersedot ke kota, karena tidak ada hasil yang murni dari desa yang bisa dijual secara langsung di pasar setempat, jadi bisa menyedot cadangan devisa desa setempat”, “begitu Jek..! yang terjadi di daerah kita itu, “ ya.. pantes orang desa selalu kekurangan duit untuk biaya ini biaya itu, dan herannya biaya ini itu sama besarnya dengan biaya yang ada di kota-kota he’he’he’, Jeki Malam tertawa geli sendiri, “kenapa Jek..! tertawa sendiri ada yang lucu ..??, “ emang ga boleh tertawa..??”, “boleh aja tertawa mah, tapi jangan sendiri, itu namanya orang gila… tauu.., he’he’he’Jeki Siang dan Jefri Kecil ikut tertawa. “ “karena ditambah dua orang yang tertawa jadi ane bukan orang gila lagi..he’he’he’, “ tadi ane tertawa inget omongan ente tentang air kemasan, jadi selama ini orang desa lah yang nyubsidi orang kota, jadi menurut ente kira-kira apa penyebabnya dan apa akibatnya” Jeki Malam nanya dengan muka yang serius.




Bagian Kesembilan
Kesulitan Desa

“Baik, menurut penerawangan saya, bahwa salah penyebabnya desa sulit berkembang, karena untuk jaman sekarang ini dengan kecanggihan teknologi komunikasi, kelancaran dan kemudahan distribusi, meningkatnya pendapatan warga khususnya warga kota, mengakibatnya ; pertama tidak ada hasil perkebunan dan pertanian asli desa yang langsung dijual di pasar desa setempat, karena adanya informasi kepada petani tentang perbedaan harga komoditas di kota dengan didesa, informasi ini datangnya dari kolega atau temannya, tapi yang paling sering ada perintah langsung dari yang punya ladangnya atau kebunnya, yang punya kebun rata-rata orang kota yang tahu harga di kota, petani pasti lebih suka menjual ke pasar induk yang berada di kota dibanding menjualnya di desa setempat, akibatnya di desa langka hasil kebun sendiri, mereka terpaksa membeli ke pasar induk yang ada di kota, kemudian dibawa kembali ke desa dengan harga yang jauh lebih tinggi, terutama cabe, bawang berikut beras, logikanya harga akan lebih murah bilamana dekat dengan sumbernya, tapi kenyataan sekarang tidaak…, begitupun dengan kelancaran jalur distribusi, kelancaran ini dimaksudkan dapat menekan harga dan menjamin ketersediaan barang”, “ menurut ente tercapai ga ???” tanya Jeki Malam. “tercapai..Jek..!, dibanding dengan di desa stok lebih banyak di kota, kalau terjadi kelangkaan desalah yang paling kena lebih dulu, karena di desa sudah tidak ada lagi lumbung, baik yang dimiliki oleh perorangan atau yang dimiliki oleh desa, jadii..dulu desa atau petani itu disebut produsen, tapii..sekarang,  ya.. produsen.., ya.. konsumen, karena produksinya langsung dijual”, “terus kalau tidak salah denger, ente bilang tentang pendapatan warga kota yang terus meningkat, emang apa pengaruhnya pendapatan warga kota dengan pertumbuhan ekonomi lokal pedesaan menurut penarawangan ente.., gimana..??” Tanya jeki Malam penasaran. ” ada.. Jek..!, bahkan ini sangat penting..,   menurut penarawangan saya, orang kota itu getol cari duit, pinter sekali ngegolangin duit, teruss.. mereka sendiri bingung saking banyaknya duit, mau dikemanain neh duit, disimpan di Bank buku rekeningnya dah muat, di tanamlah ditanah, itu lebih tinggi keuntungannya dibanding di tanam di Bank, karena tiap tahun harga tanah naik terus melebihi bunga Bank”, “Jek..! betul bulan kemaren aja kebonnya Pa Haji Komod Nyengir dibeli ama orang kota padahal harganya tinggi buat ukuran orang sini mah.., terus dipager tuh kebon , ampe sekarang ga di apa apain, jadi nganggur tuh kebon, katanya mang Kemed tukang kebonnya pindah ke kota mikutin anaknya yang dikota, karena yang yang membeli kebon Pa Haji Komod Nyengir ga ngasih izin mang Kemed untuk ngurus  kebonnya, tapi mang Kemed dikasih pengason alakadarnya, lumayan buat ongkos ke kota” kata Jeki Malam, “mang Kemed.. pindah semua sama keluarganya ke Kota??” Tanya Jeki Siang, “betul Jek!.. pindah semua , istri, 2 anaknya sama mertuanyapun dibawa”, “lah kan mertuanya sudah tua, padahal jangan dibawa ke kota”, “kalo disini mah siapa yang mao nguruus, entee yang mao ngurus??” Jeki Malam balik tanya. “iyaa ya, saya cuma bisa bilang kasihan aja” Jeki Siang menjawab dengan pelan, mungkin ikut merasakan susahnya jadi orang susah seperti mang Kemed, keahlian satu-satunya yang jadi sumber hirup huriping keluarga mang Kemed sudah tidak ada lagi, “ jek..!, itulah kenyataan hidup yang harus dihadapi oleh tiap-tiap orang, suka ga suka itulah kenyataan, karena tiap orang sudah punya garis kehidupan yang harus dilakoni bukan untuk diratapi, itulah kodrat dan irodat dari Tuhan Yang Maha Esa, kita mah pelaksana “,”  betul ..Jek..!” timpal Jeki Malam, Cuma kening Jeki Malam berkerut “bukannya itu porsi bicara pa ustad Ocim Jekrem ??, Jeki Malam ngegerentes hatinya, “ kok malah Jeki Siang yang ngomong, waah jadi masalah neh nanti, bisa ribut nehh…, kalo ribut pilih siapa ya???, tapi kalo ribut kasian mereka berdua, kalo begitu harus dipisah aja, jangan dipisah biar tau tuh yang ngumbar napsu, biar tahu masyarakat semua kelakuan ustad Ocim Jekrem”, dalam hati Jeki Malam terjadi perang antara hawa kebaikan dan hawa keburukan saling mempengaruhi keputusan Jeki Malam. “Kenapa Jek..! kok bengong ???, Jeki Malam tersentak kaget.., “ ngga ..Jek..! he’he’he’, terusin lagi masalah kebonnya “ pinta Jeki Malam, “itu baru satu kebon, coba kalo ada juragan duit yang rakus dari kota yang ngeborong kebon, kemudian kebonnya dipagar aja, ga diapa apain tuh..???, bisa-bisa kita urbanisasi bareng ke kota he’he’he’” Jeki Siang tertawa lepas, “ Jek..!, kenapa orang kota beli tanah atau kebon cuma dianggurin aja ga dimanfaatin tanahnya jadi kebon timun kek, kebon singkong kek, kebon apalah yang ada manfaatnya buat semua warga setempat” tanya Jeki Malam, “ kan sudah saya jelasin di tadi , kalau orang kota mah beli tanah atau beli kebon untuk investasi atau nanam modal dibanding nanam modal di Bank lebih untung nanam modal di tanah atau kebon”, “ ngarti-ngarti Jeki Malam sambil unggut-unggutan kepalanya mirip kepala burung merpati kasmaran, “yang belum ngarti saya oom” Jefri Kecil sambil ngacungin tangannya,”oom kalo nanem timun, singkong saya tauu, tapi nanem duit itu gimana caranya, apa ga takut diambilin ama orang kalo duit tanam dikebon, terus kalo berbuah jadi duit receh atao duit kertas???”, mendengar ocehan Jefri Kecil Jeki Siang dan Jeki Malam tertawa bareng  “he’ha he’ha he’ha” suara jadi ga puguh, ditulispun jadi gimanaa.. ya..?? yang satu bersuara tenor satu lagi bersuara bariton deket ke suara bass, saya sengaja disingkat jadi he’ha he’ ha, maksudnya he’he’he’ dan  ha ha ha, “harap maklum para pembaca yang budiman, penulisnya masih amaatiiiir” teriak Jeki Siang “jangan begitu ..Jek!!, harusnya ente berterima kasih ke Pa Ulis, beliau sudah memikirkan peran ente disini”,”ooiya ya maaf Pa Ulis saya tidak akan sekali-sekali nertawain lagi” jawab Jeki Siang, “iya jangan sekali-sekali, kalo banyak-banyak boleeeeh, hi hi hi “ Jefri Kecil nimpali sambil tangan ngebekap mulutnya yang tertawa terus, “ huus kalo begitu jangan dijawab pertanyaannya.. Jek!!” Jeki Malam maksa matanya diplototin biar Jefri Kecil takut, Jefri Kecil tambah kenceng tertawanya, melihat mata Jeki Malam ga bisa diplototin, karena mata Jeki Malam sipit kaya orang Tiong Hoa kodrat dari sananya, kongres di Pos Ronda tambah gaduh ga karuan, “Pa Ulis gimana neh, turun tangan dong” pinta Jeki Siang,  “sedari tadi tangan saya sudah turun kalau berdiri terus mah model begini, tangan saya pegel-pegel Jek..!, jawab penulis sambil memperagakan tangannya he’he’he’ ha ha ha hi hi hi...” tambah keruh dah kongresnya, “begini dah kalo wasit ikut-ikutan jadi pemain” kritik Jeki Malam, “jangan-jangan Pa Ulis pengen dobel honornya.., ya honor penulis..,ya  honor pemain..”hati Jeki Malam menebak-nebak. “jangan begitu..Jek.!, saya ga rakus-rakus amat pengen honor dobel segala, saya mah sudah seneng kalau tulisan ini ada yang membacanya ga usah banyak-banyak cukup satu orang saja, saya seneng bukan main, juga saya mah manusia biasa perlu hiburan... saya mah pengen becanda sama kamu-kamu, saya pusing mikiran kongres ini biar sukses, biar ada hasil, biar ada nilai tambah bagi para pembaca budiman” jawab penulis, mendengar jawaban dari pa Ulis, Jeki Malam sontak kaget bukan kepalang, dengan muka pucat “maaf Pa Ulis, kalo saya sudah berprasangka buruk sama pa Ulis,  kok pa Ulis bisa tahu dalam ati ane, ane kagum ama Pa Ulis..., bener-bener saktiiii..., “pasti tahu , nasib kamukan ada diujung pena saya, ayo lanjut lagi ..., coba Jeki Siang jawab tuh pertanyaan Jefri Kecil, kita tidak boleh diskriminatif, kalo ada yang bertanya harus dijawab..., pahaaam...!! penulis memberi perintah. “ siap..., Jefri...!, nanam modal sama nanam timun atau nanam singkong beda jauh, kalau orang kota beli tanah di sini atau di desa kita itu namanya menanam modal, buahnya berupa selisih harga beli dengan harga jual tanah, harga tanah tiap tahun naik terusss, tidak ada harga tanah yang turun, naiknya melebihi bunga Bank”, “kenapa harga naik terus, bahkan melebihi bunga Bank ???, tanya Jeki Siang, “hukum ekonomi dasar berlaku, adanya perbedaan yang tinggi antara kebutuhan dan persediaan, terus manusia tiap tahun bertambah sedang Tuhan Yang Maha Esa sudah tidak menciptakan tanah baru lagi di dunia iniiii....” Jeki Siang menjawab pertanyaannya sendiri, “ itulah salah satu sisi jeleknya kalo tanah atau kebon dibeli sama orang kota, cukup dipagar ga dimanfaatin nunggu beberapa tahun kemudian, setelah harganya naik tinggi baru dijual kembali, baik dijual ke perorangan atau ke pengembang perumahan atau untuk keperluan industri ” Jeki Siang meneruskan omongannya, “ menurut kamu masih ada lagi sisi jeleknya Jek..!Tanya Jeki Siang, “ane kaga tuh”, “salah satunya seperti mang Kemed terpaksa pindah ke kota yang disebut urbanisasi karena di desa sudah tidak ada lagi yang diharapkan, kemudian tanah atau kebonnya tidak menghasil apa-apa seperti pisang, timun, jambu, singkong, bawang, cabe dan lainnya, berarti kita kekurangan pasokan dari daerah-daerah, akibatnya kita impor dari luar negeri…”, “sunkis, montong…tahu ga Jek..! nama-nama ini..???” Tanya Jeki Siang nanya lagi, “tahuu…!, sun arti matahari..kis artinya mencium.., jadi sunkis artinya mencium matahariii….” jawab Jeki Malam dengan yakin..”,ha ha ha ha hi hi hi “tertawa semua gaduh kembali tuh kongres. “sstt ..“ Jeki Malam ngasih kode sambil mengacungkan telunjuknya.  “jangan kenceng-kenceng ketawanya.., apalagi ente Jefri..ente yang paling kenceng…, ntar Pa Ulis tauu.., ayo kita lanjut lagi kongresnya..” Jeki Malam memberi peringatan sekaligus memberi perintah  kepada peserta kongress. “emang Pa Ulis kemana oom Jek ..!” Tanya Jefri Kecil, “biasanya kalo jam-jam begini mah beliau..moloor” jawab Jeki Malam dengan enteng, “sunkis, montong itu nama jeruk dan durian impor, dulu kita punya jeruk Garut, sekarang nama dan jeruk sudah punah, tinggal jeruk Medan dan Pontianak yang masih bertahan, apelpun kita punya.. apel Malang namanya, apel ini mungkin hampir sama nasibnya dengan jeruk Garut, durian montong asalnya dari Republik tercinta ini, tapiii Thailand lah yang mengembangkan sedemikian rupa hingga balik ke sini dapat merajai pasaran, padahal dilihat dari namanya itu asli Republik tercinta ini, terus jambuu batu atau jambu klutuk diganti sama jambu Bangkok, papaya…bangkok, papaya  California. “,”, “terus apalagi Jek..!”tanya Jeki siang. “ane ga tauu…” jawab Jeki Malam singkat sambil tangannya garuk-garuk kepalanya yang ga gatel, dalam hati Jeki Malam “perasaan ada salah ???, si Jeki Siang kayaknya melanggar tetekon atau pakem yang sudah disepakati.., menurut sekenarionya ane ..yang harus banyak tanya, yang jawab die.., kok ini malah tebalik die yang banyak tanya ” Jeki Malam bingung…sendiri, sebelum Jeki Malam tersadar dari kebingungannya, Jeki Siang nyerocos terus “ ayam…ayam Bangkok.., bahkan.. katanya perkututpun Bangkok..!” , “nah.. itu tadi salah satu kejelekannya apabila tanah kebon yang tidak dimanfaatin”, “benar juga ya…,harusnya tanah kebon itu ditanemin apa aja, pasti ada manfatnya buat kita semua” jawab Jeki Malam membenar pendapat Jeki Siang.




Bagian Kesepuluh
Desa Perlu Modal, Kota Perlu Lahan

 ”saya pun kalau punya duit banyak, mau mengikuti seperti mereka, mau borong tanah, jadi tuan tanah he’he’he’, tidak cape-cape kerja cari duit, harga tanah naik teruss.., berarti harta saya bertambah terus ga bisa dibendung he’he’he’” Jeki Siang mencoba menghayal, sontak kaget luar biasa Jeki Malam mendengar omongan Jeki Siang ingin borong tanah jadi tuan tanah..”waaah ..Jek .!. ente bikin bingung ane neh , tadi ente mengatakan sisi jeleknya masalah tanah atau kebon.., ane pikir ente anti ama pembeli tanah dari kota“, “saya ga anti pembeli tanah dari kota, sebidang kek, ngeborong kek,yang penting saling dukung antara desa dan kota, desa perlu modal, kota perlu lahan, masing-masing punya peran yang berbeda , tapii satu sama lain jangan saling mencelakakan, harus saling bantu dalam pemenuhan kehidupan bersama yang asri dan damai, jangan mentang-mentang sudah sesuai dengan aturan, dengan seenaknya mengusir anak-anak Republik tercinta ini begitu saja, walaupun sesuai dengan aturan, jangan ada Kemed-Kemed baru.., tetaap rasa kemanusiaan yang beradab dan nasionalisme mah harus di dahulukan, siapa tahu diantara mereka.. bapaknya, kakeknya atau buyutnya pernah berjuang mati-matian mengusir penjajah asing dari negeri ini, setelah merdeka malah mereka yang terusir dari tanah kelahiran, banyak contohnya…Jek.! Di TV , di Koran” begitu Jek  ngasih penjelasan, mendengar penjelasan yang cukup panjang Jeki Malam tambah bingung “ perasaan ini mah omongan buat pa Ustad Ocim Jekrem, kenapa diambil lagi ama Jeki Siang …ane jadi bingung deh, si Jeki Siang melanggar tetekon..melulu, melanggar sekenario.., aahh bodo ahh” sambil garuk-garuk kepala ga gatel, “waduuh jawaban buat Jefri Kecil kepanjangan ngarti ga..  ya.. Jefri Kecil”, Jeki siang kaget.. baru eungeuh, “cobaaa.. Jefri Kecil ngarti ga jawaban dari Oom” Jeki Siang coba nanya Jefri Kecil yang sedang asik ngorek-ngorek tanah “oo. Ngartiii Oom, jawaban yang depan ngartii.., cuma jawaban yang belakangan mah, menurut Jefri bukan urusan anak kecil, itu mah urusan anak gede..” jawab Jefri Kecil Pendek, “ kata oom beli tanah atau kebon untuk dijual lagi setelah harganya naek atau mahal biar.. gede untungnya, kalo begitu mirip mang Juki Sore dong…, tapi di warung mang Juki Sore ga jualan tanah tuh.., yang ada juga kue, gorengan kacang, bala-bala, goreng pisang, rokok, kopi, gula…, kalo tanah mah belum ada.., minyak tanah juga ga ada.., tapiii yang paling enaknya goreng pisangnya udah gede-gede murah lagi.., yang kedua yang paling enak di warung mang Juki Sore goreng bala-balanya, dimakannya bareng ama rawit wuiihh enaknyaa, minumnyaa es siroop asli buatan mang Juki Sore tanpa pengawet eenaaak, segeeerrr” jawab Jefri Kecil sambil matanya menatap awang-awang, mungkin membayangkan enaknya makan goreng bala-bala sama rawit, “ehmm  ehmmm” Jeki Malam dehem dua kali untuk meperingati Jefri Kecil yang asik membayangkan enaknya makanan di warung mang Juki Sore, “ohook ohook” Jeki Malam batuk-batuk kecil, Jefri Kecil masiiih terus nyerocos…, “braak” lantai pos ronda tempat kongres digebrag sama Jeki Malam jengkel rupanya, “astagfirullah…banguuun…banguuuun makan nasi ama garam, bikin kaget aja oom Jeki mah” Jefri Kecil kaget, bukan Jefri Kecil aja kaget,  Jeki Siang pun kaget sampai badan loncat, kalau ga pegangan ke tiang pos ronda mungkin sudah jatuh telentang di tanah.., “ kenapa seh kamu bikinkaget aja” Tanya Jeki Siang agak jengkel, “ane kasih kode dehem ama batuk-batuk kecil masih belon berenti malah nyerocos terus promosiin warung mang Juki Sore..”, “yeeh kode itu mah berlaku buat sayaaa, bukan buat dia” jawab Jeki siang sambil menujuk ke Jefri Kecil, “..pantes aja dia ga ngarti-ngarti he’he’he’” Jeki Malam terkekeh.          Sebelum Jeki siang melanjutkan kongres, tangan Jefri Kecil ngacung, “mau apa Jef..!” tanya Jeki Siang, “ mao tanya lagi boleh ga???”, mata Jefri Kecil menatap jeki Malam takut di gebrag lagi, “ silahkan Jef.!” Perintah Jeki siang, “oom tadi.. oom mao jadi tuan tanah ya..??” Tanya Jefri Kecil, “kalau ya.. gimana …Jef…!”, “jangan oom” Jefri Kecil melarangnya, “apa sebabnya ???”, “sebab kalo jadi tuan tanah oom Jeki sama dengan orang jahat, bengis, rakus, serakah, ga berprikemanusiaan..., nanti kalo matinya masuk nerakaa..!”, “ ente masih kecil tau dari mana....” tanya Jeki Malam, “ tau dong oom, Jefri kaga bakalan kasih info, kalo belon punya data yang akuraat”, “akurat darimanaaaa??” Jeki Malam tambah kenceng suaranya, “ liat tuh di film-film si pitung, si pitung belain rakyat kecil yang diperes ama tuan tanah, berantem terus ama bek atau tukang pukulnya tuan tanah yang jahat “ balas Jefri Kecil dengan tenang, “yaah kirain info darimana.., rupa dari film klasik” Jeki Malam kecewa, “biar dari film klasik, tapi itu juga dasarnya dari kejadian-kejadian tempo dulu yang pernah terjadi, kemudian digambarkan lewat film agar jangan terjadi lagi seperti ituu di jaman sekarang, itu pesan moral yang saya tangkap dari film si pitung” sanggah Jeki Siang.” Betul juga Jef..! oom kaga jadi, jadi tuan tanah takut termasuk orang-orang yang rakus ntar masuk neraka” jawab Jeki Siang menghibur Jefri Kecil, “ “yees hiduup oom Jeki Siaaang” teriak Jefri Kecil senang hati, “ yaaah ente kenapa kaga jadi jadi tuan tanaaah, ane dukung kalo ente jadi tuan tanah, ane juga mao jadi orang kaya maah.., ente kaya ane kecipratan kayaaa, nah itu namanya penurun kekayaan he’he’he’” Jeki Malam protes kepada Jeki Siang yang mengurungkan niatnya jadi tuan tanah. “waah saya jadi bingung neh , yang satu mendukung .., yang satu lagi menolak..”, “ jadi tuan tanah aja, ane dukung 1000%” Jeki Malam memberi semangat yang luar biasa,  “jangan oom Jek..! pinta Jefri Kecil, “harus jadi...”, “jangan jadiii”, kedua kubu saling teriak, ga ada yang mengalah suasana gaduh ga  karuan. “ohook..ohook” suara batuk-batuk yang tidak asing bagi peserta kongres, “sttt…..” Jeki Siang memberi kode , “itu pertanyaan bagus..Jek..!, memang betul biaya dari Pamarentah Republik tercinta ini luar biasa besar untuk merenovasi pasar seluruh negeri ini, pihak swastapun boleh ikut serta merenovasi pasar, tentunya ini sangat membantu pamarentah dari segi pembiayaan, seperti kota Surabaya, menurut info yang dapat dipercayaaa, mereka sudah tidak mengeluarkan biaya untuk merenovasi pasar agar lebih kelihatan pasar modernnya” Jeki Siang menjelaskan sambil matanya berkedip-kedip kepada Jeki Malam agar mengerti , hanya Jeki Malam tambah bingung memperhatikan temannya yang ujug-ujug  memberi jawaban padahal dia sendiri belum memberi pertanyaan, lebih bingung kembali melihat mata Jeki Siang yang berkedip-kedip, “kenapa Jek..!, mata ente kelilipan…, sini ane tiupp..”, mulut Jeki Malam sudah di monyongin mau meniup mata Jeki Siang yang berkedip-kedip, sambil mendorong badan Jeki Malam agar agak jauh darinya “ ini mah kode tauuu…” Jeki Siang agak kesel, sambil matanya dikedip-kedipin kembali “ Pa Ulis kesini kongres masih berjalan dengan lancar ga berisik, gituuu”, “oooo…ngarti-ngarti… he’he’he’” Jeki Malam cengengesan, “terus gimana lagii neh ??” Jeki Malam balik nanya, “ kamu nanya lagi ke saya..”, “baik…Jek., tapi pertanyaan apa lagi neh.., ane buntu pertanyaan”, “terserah kamu, yang pasti tentang pasar, asal jangan tanya kapan saya kawiiinnn” Jeki Siang jawab dengan jengkel, “keceplosan deh” gerentes hati Jeki Siang, “hi hi hi , oom Jeki sekarang masih jombloooo’ teriak Jefri Kecil nambahin, “ ssttt diem anak kecil…” pinta Jeki Siang, “kalo masih jombloo mash gampang obatnya..”, “apaan Jef..!” tanya Jeki Malam penasaran, “datang aja ke dukuuuun hi hi hi , minta saraan” Jawab Jefri Kecil seenak sambil tertawa nyaring, “ha ha ha “ tambah Jeki Malam   “sst.. samaaa kamu juga “ he’he’he’ “ Jeki Siang tertawa kenceng seperti ingin membalas.
“itu..kan untuk diperkotaan..,kira-kira swasta mao ga ya..??, merenovasi atau bangun pasar di pelosok yang buka pasarnya hanya dua atau tiga hari dalam seminggu??, menurut penerawangan ente gimana ???” tanya Jeki Malam, “ sukur-sukur seh adaa.., tapi menurut penerawangan saya amah kalau swasta atau investor.., mereka lebih pinter hitung-hitungannya seperti berapa biaya yang dikeluarkan , kemudian dibandingkan dengan perkiraan untungnya, kemudian dikalikan dalam kurun waktu tertentu, juga pasti minta kepastian hukum yang jelas selama mereka kelola tuh pasar, atau memperhitungklan modul eehh sori modal plus keuntungan yang dapat didapat” jawab Jeki Siang “maaf pembaca budiman, saya keseleo ngomong” pinta Jeki Siang dengan senyum dipaksakan mohon agar pembaca budiman memakluminya’, kemudian Jeki Siang melanjutkan bicaranya“ pasti-pastinya pikirkan aja ama kamu sendiri.., seandainya kamu yang jadi pihak pemodal, atau pembaca budiman mao membantu Jeki Malam berpikir..??. “ehem..ehemm kedengarannya kongres ini berlangsung dengan hangat.., seru sekali..”,pa Ulis bertanya kesemua, “ooo iya pa Ulis”jawab Jeki Siang campur kaget karena tanpa ada tanda-tanda kedatanganya, “ untung  si Jeki Malam nanyanya pass sekali, hebat Jeki Malam jangan-jangan dia punya ke enam atau lebih dari itu” hati Jeki Siang merasa senang, Pa Ulis datang acara berlangsung dengan tertib kalo tidak.., “Jek.., untung kamu nanyanya hal seriusss” Tanya Jeki Siang dengan suara yang dipelankan, “kalau tidak pasti… kita semua kena skor…”, ‘ teruss…” jeki Saing menambah penjelasan “ kalau bisa mah contoh Kota-kota yang berhasil, katanya seperti kota solo, mereka bisa memindahkan dan menempatkan para pedagang dengan bijaksana, kemudian kota Purwakarta, mereka pun dapat menyelesaikan pasar tanpa ada gesekan dengan pedagang lama maupun pedagang baru, bahkan antar pedagang dengan pengelola pasar melakukan ikrar atau pakta integritas untuk mempertahankan kebaikan yang sudah dibangun bersama, dihadapan pimpinan kota purwakarta”, “ betul..Jek..!, ane sering liat di TV.., gesekan atau gejolak para pedagang dengan aparat pamarentah berkaitan dengan pembangunan pasar, kenapa bisa begitu ya…???, menurut penerawangan ente gimana..??”, “menurut penerawangan secara kasat mata , pertamaa…., tidak ada manajemen pasar yang memadai atau yang standar untuk digunakan dalam pengelolaan pasar, baik itu berupa penataan pedagang atau penataan dagangan, sekalipun ada, tidak pernah dievaluasi dalam kurun waktu tertentu, kedua… sedikit sekali atau jarang sekali antara pedagang dengan pengelola pasar untuk melakukan pertemuan-pertemuan atau silahturahmi atau sosialisasi berkenaan dengan situasi dan kondisi pasar, akibatnya tidak ada saling mengerti antara yang di atur dan yang mengatur atau tidak ada win-win solution, ketiga.., pendataan pedagang yang tidak akurat, berapa jumlah pedagang lama yang menepati kios atau los, karena pada umumnya kios tersebut adalah milik pribadinya, akibatnya alih kepemilikan atau dikontrakan ke pedagang lain tanpa sepengetahuan pengelola pasar, dan juga berapa jumlah pedagang yang tidak menempati kios, mereka menempatikan dagangannya di gang-gang atau di luar pasar atau di tempat parkir kendaraan , keempat…, ukuran luas pasar sudah tidak memadai untuk perluasan pasar, atau adanya perbedaan ukuran kios dari yang lama ke ukuran kios yang baru, kelima.., anggaran yang disediakan tidak menutup semua kebutuhan pasar seperti adanya kantor pengelola, kakus atau toilet yang resik, mushola, tempat bongkar kuat, tempat parker, tempat sampah dan lain sebagainya, keenam…, tidak adanya batas umur pasar akibatnya sering terjadi pembangunan pasar bukan karena umur pasar itu sendiri yang jadi patokan, banyak kondisi pasar yang memprihatinkan karena faktor usia bangunan pasar yang sudah uzur belum direnovasi kembali, ketujuh…, adanya target waktu dan ruang yang dipaksakan dalam pemindahan dan penempatan pedagang dari lokasi pasar lama ke pasar lokasi sementara, juga letak penempatan pasar sementara yang dinilai terlalu jauh, dan yang kedelapan…,adanya penilaian harga beli, atau harga sewa atau harga kontrak  yang terlalu tinggi”, jawab Jeki Siang, “wah hebat ente…, kalo boleh ane tambahin boleh gaa??, “ boleh aja jek..!”, “ kesembilan…, adanya pedagang bermodal besar dengan rakus membeli atau menyewa kios dengan menggunakan nama orang lain untuk disewakan kembali dengan harga yang lebih tinggi, kesepuluh…, dalam penempatan kios, ada kongkalikong atau kolusi atau main mata antara pedagang dengan pengelola” Jeki Malam mencoba menambah pemikiran Jeki Siang, “terimakasih Jek..! atas tambahan pemikiran” Jeki Siang tidak lupa mengucapkan terimakasih, “plok plok plok suit suiiit“ suara tepuk tangan dan siulan panjang peserta kongres bergemuruh melebihi  gemuruhnya pesawat terbang take off , “pembaca budiman.., mentang-mentang jadi penulis.., keterlaluan ya.., gemuruh peserta kongres disamain sama gemuruh pesawat terbang  take off, padahal berapa besar seh sebuah pos ronda,  pesertanya pun hanya tiga orang, betul-betul bombastis” gerentes hati Jefri Kecil yang kelihatan sudah mulai ga sabar menanti bubarnya kongres ini. “oom jadi solusi nya gimana..?? Tanya Jefri Kecil lebih cepat dari Jeki Malam yang kelihatannya memperhatikan rambut yang ada di kepala Jeki Siang sudah ada beberapa lembar rambut yang mulai keriting karena panas berpikir dalam kongres ini, “ waduh kasian si Jeki Siang, kalo ga salah liat sudah ada 21 lembar yang mulai kriting he’he’he’” gerentes hati Jeki Malam sambil mulutnya senyum sedikit mirip mesem semar yang terkenal.          Tapi Jeki Siang masih semangat untuk menjawab pertanyaan dari Jefri Kecil ”pertama…, katanya…,untuk meningkatkan potensi ekonomi daerah atau lokal, pembangunan pasar atau renovasi diharapkan dapat meningkat perekonomian lokal tentu harus didukung oleh instansi terkait lain, seperti Dinas yang mengurusi jalan raya, agar terciptanya waktu yang efisien dalam distribusi barang, dinas yang mengurusi pertanian dan perkebunan berkenaan dengan ketersediaan lahan atau kebun untuk memasok komoditi sayuran, buah-buahan melalui jalan yang mulus atau bagus, lebih bagus lagi kalau program OVOP dikembangkan kembali”, “apa itu OVOP” tanya Jeki Malam, rupanya Jeki Malam lupa masalah akan rambut jeki Siang, dengan bertambahnya jawaban akan bertambah pula satu lembar yang kriting, beda dengan pinokio, kalau berbohong hidung pinokio bertambah panjang, kalau Jeki Siang tiap menjawab pertanyaan akan bertambah satu lembar rambutnya kriting he’he’he’, “OVOP arti ‘One Village One Product’ atau dengan bahasa kita mah ‘satu desa satu produk’ arti tiap satu desa punya satu produk unggulan berbeda dengan desa atau daerah lain, program ini sukses di Thailand dan Jepang , aslinya program ini dikembangkan di Jepang pada 1979 oleh Morihiko Hiramatsu mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Industri  Jepang, program ini sebetulnya untuk kemandirian masyarakat desa dengan mengedepankan produk unggulannya agar meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa, kedua…, tiap-tiap pasar harus dikelola dengan baik, harus punya sistem manajemen yang memadai agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan jaman, agar dapat bertahan dari gempuran pesaing-pesaingnya, dan jangan sistem manajemen harus di evaluasi secara berkala, agar dapat segera dilakukan tindakan korektif sesuai dengan perkembangan jaman atau perkembangan prilaku sosial di masyarakat, katanya salah penyebab kalah bersaing pasar tradisional ini karena tidak punya sistem manajemen yang memadai, sekalipun ada tidak berjalan dengan baik, ketiga…,penekanan terhadap tingginya urbanisasi, harus adanya aturan yang ketat terhadap alih fungsi lahan, agar terjaminnya pasokan seprti sayuran, beras, buah-buahan dari daerah sendiri, dan adanya bagi hasil yang adil antara pemilik lahan dan penggarap agar penggarap tidak melakukan urbanisasi karena kurangnya penghasilan dari bidang pertanian, menurut analisis saya (tapi kepalanya tidak diputer-puter lagi)…, salah satu penyebab tingginya urabanisasi dari desa ke kota adalah di desa tidak ada atau sedikit sekali yang diharapkan…, terutama dalam peningkatan penghasilan,  terlihat sekali adanya ketimpangan pendapatan antara pemilik lahan dan penggarap, keempat…, supply data yang selalu di update seperti jumlah pedagang, jumlah, jenis dan berat  dagangannya, sumber dagangnya dan fluktuasi harga, semua harus  dilakukan berkala dan dilaporkan ke instansi lebih tinggi dan intansi terkait lainya, sebagai bahan evaluasi dan keputusan bagi pimpinan tertinggi, kelima…, adanya kegiatan yang betul fokus untuk mempertahankan pasar tradisional, baik itu berupa peraturan atau berupa pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan pasar tradisional, keenam…, masyarakat Republik tercinta ini dikenal masyarakat komunal, penting sekali melakukan silaturahmi, kumpul bareng pada acara keagamaan, atau memperingati hari nasional bersama pedagang dan pengelola pasar agar tercipta hubungan yang harmonis kedua belah pihak, ketujuh…, antara pedagang dan pengelola diminta kesadarannya secara sukarela untuk menjaga kebaikan yang dirumuskan bersama, seperti yang sudah dilakukan pada pengelola pasar di kota purwakarta, dengan ikrar bersama atau melakukan pakta integritas” saya kira hanya itu yang saya jawab mudah-mudahan Jefri Kecil puas atas jawaban dari saya ini” jawab Jeki Siang, “sangat memuaskan oom Jek…!, saya berterimakasih atas jawabannya, mudah-mudahan apa yang diperbuat oom Jeki Siang demi kebaikan mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa, amiiinn” demikian Jawab Jefri Kecil sambil tangan mengadah ke atas, “ yahh itu kan porsi bicara Pa ustad Ocim Jekrem, malah diambil ama si Jefri Kecil, ikut ikutan neh si Kecil...” gerentes hati Jeki Malam, “ Jek..! “ sudah cukup Jek..!, tuh lihat rambutnya makin banyak aja yang kriting” dengan suara yang dipelankan,masya Alloh.., Pa Ulis memperhatikan juga ...ya..., kirain saya doang .,he’he’he’Jeki Malam terkekeh, “iya Pa Ulis ane ngeliat ada 21 lembar yang mulai kriting” jawab Jeki Malam dengan suara pelan pula, “ waah .., hebat kamu bisa tahu persis jumlahnya ada 21 lembar rambut Jeki Siang yang mulai kriting” penulis keheranan, “ itu mah kecil Pa Ulis..., itu mah barang keliatan..., ane tau isi perut Pa Ulis...,berapa persen yang halal..., berapa persen yang haraam..., ane tau semua.., perlu ane sebut satu persatu disini...?” jawab Jeki Malam sambil matanya mendelik ke penulis, “waah gawat...”, “jangan ..Jek!..ga perlu..., saya mah percaya buangeet sama kamu, jangankan kamu ngomong bener..ngomong salah aja saya mah percaya.’, jawab penulis, “ ente bener hebat ..Jek..!, bisa menjelasin masalah dengan gamblang dan cari solusinya, ente dah beneer kaya pengamat ekonomi politik yang suka muncul di TV, ane jadi tambah elmu gratis neh, he’he’he’” Jeki Malam memuji Jeki Siang dengan lihay menjawab semua pertanyaan , “saya ngejawab sebetulnya sekenanya, saya menyadari teori atau logika atau alur pikir yang saya gunakan masih dhoif perlu proses pembuktian lebih lanjut dan seksama, masalah penilaian bagus atau tidak, diterima atau tidak, bermanfaat atau tidak semuanya saya serahkan kepada para pembaca budiman untuk menilainya, walaupun kenyataannya Tuhan Yang Maha Esa tidak menurunkan kecerdasan merata kepada makhluknya, saya yakin dan percaya kepada para pembaca budiman semuanya cerdas untuk dapat menilai semua kejadian pada kongres ini.




Bagian Kesebelas
Rebonding Dan Amiiiiinn

 “eheem ehemm” kode dari pa Ulis untuk Jeki Siang agar mempersingkat bicaranya “, ” silahkan dilanjut terus ke bagian penutup..” perintah penulis agar Jeki Siang langsung menutup acara kongres ini, “saya mewakili teman-teman dan seluruh crew, untuk perubahan, perbaikan dan kemajuan kami bersama, kami membuka diri untuk saran dan kritik dari pemirsa budiman..., tidak lupa kami meminta maaf yang sebesar-besar selama dalam kongres ini kami telah berbuat tidak sopan terhadap pemirsa budiman, baik pembicaraan, teori-teori yang masih dhoif, dan masih perlu di rebonding...”,”ha ha ha ha “ semua peserta kongres tertawa mendengar kalimat rebonding , “apa urusannya.. ..Jekiii....rambut ama kongres iniiii..ha ha ha .”  timpal Jeki Malam sambil tertawa sampe nungging nungging.. , “suka ga suka.. nyambung ga nyambung… terima aja…” pinta Penulis ke jeki Malam. “ baik…, saya jelasin apa rebonding…”, sebelum Jeki Siang menjelaskan apa itu rebonding, dari kejauhan terdengar suara berisik ga karuan seperti petasan cabe rawit yang sulut bareng-bareng…, sebetulnya bagi mereka sudah tidak asing lagi dengan suara ini.., suara itu adalah suara motor kesayangannya  pa RT Junot “coba pemirsa budiman banyangin motor salju model begini, bukan suaranya aja, yang bikin orang mendelik juga tuh asap knalpot yang bikin mata pedih…” saut Jeki Siang mengajak pemirsa budiman membanyangkan motor ini..,. “Naah kebetulan pa  Junot datang, emang lagi ditunggu-tunggu” kata jeki Siang dengan muka penuh senyum, “asallamualaikum.... pa Junot” sambut peserta kongres setengah berteriak, “waalaikumsalam....!!, tapi jangan kenceng-kenceng, telinga saya masih normal tauu” jawab pa RT Junot dengan keras, maklum aja beliau ini pangsiunan jawara kampung, perbawanya masih lengket dalam sikapnya dimana saja dan kapan saja, “maaf pa Junot..., suara motornyaaa” teriak Jeki Malam sambil menunjuk ke arah motor pa RT Junot yang masih hidup, “oooo..., baik saya matiin neh motornya.., tapi ente-ente kalo mao nyebut nama saya, harus dibarengi ama jabatan RT saya ...pahammmm..!!” pa RT Junot membentak peserta kongres, sambil tangan kanannya memilintir kumisnya mirip tanduk kerbau, kalao sudah begini tak satupun peserta berani untuk membantahnya, “pahammm.....” peserta kongres kompak menyerukannya seperti suara koor anak-anak paduan suara. “Pemirsa budiman perlu kami sampaikan, pa RT Junot minta Jabatanya sebagai RT harus selalu disebutkan sebelum  namanya, tidak tidak boleh tidak harus selalu disebut Bapak RT Junot ata Pa RT Junot, naah beliau pasti akan senang mendengarnya “he’he’he’”, apakah beliau ini termasuk gila hormat...?, atau gila jabatan....?, terserah anda yang menilai, beliau punya alasan sendiri, walaupun begitu beliau berhati mulia, beliau selalu menolong warganya yang kesusahan melebihi kapasitasnya, selain itu beliau juga termasuk orang jujur, pemaaf, walaupun pendidikannya tidak tinggi, beliau menilai untuk berbakti ke warganya tidak perlu sekolah tinggi yang penting punya integritas terhadap jabatannya, tanggungjawabnya, tugasnya dan lain sebagainya yang berhubungan tugas dan fungsinya RT” bisik Jeki Malam, “maaf Pa Junot..,itu motornya ga mao diganti dengan yang baru...? tanya Jeki Malam memcoba membuka ramah tamah dengan pa RT Junot, “hmmmm” Pa RT Junot ngegerem dengan mata melotot artinya ada yang salah, “ ehhh maaf pa RT Junot, saya salah” sela Jeki Malam dengan cepat, “ maaf ya... , kenapa jabatan RT harus disebut karena... kalao nama bisa sama, bahkan banyak, tapi kalao RT hanya satu di kampung ini, ga ada saingannya..he’he’he’” terang Pa RT Junot disertai dengan tertawa kecil dan sambil melintir-lintirkan kumisnya, “saya datang ke sini, mao nemui beliau” sambil menunjuk ke Jeki Siang, “waduhhh ada apa Pa RT Junot ga sari-sarinya nyariin saya” jawab Jeki Siang sambil gemeteran, “nih KTP ente sudah jadi...!!” sambil memperlihatkan KTP Jeki Siang, “alhamdullilaaah resmi sudah jadi warga Republik tercinta ini” teriak Jeki Siang dengan setengah merebut KTP yang masih dipegang oleh Pa RT Junot, Jeki Siang girangnya bukan main.., “tolong simpan baik-baik KTPnya, jangan sampai hilang atau kelupaan bawa KTP, nanti bisa repot kalao ada apa-apa, apalagi kalo ente mao ke Jakarta lagi”  Pa RT Junot memberi nasihat, “yaah ane kirain apa..?? yang ente maksud dengan surat resmi Cuma KTP..? tanya Jeki Malam, “betul Jek..., dengan KTP ini saya setidak- tidaknya, saya telah diakui sebagai warga negara, di KTP ada Nama dan alamat sebagai bukti saya bernama Jeki Siang...” jawab Jeki Siang dengan mantap, “tapi kao sudah sampai di Jakarta, kalao mao bikin KTP alamat di Jakarta, KTP ini harus diberikan, jangan bikin KTP dobel-dobel .., itu melanggar peraturan..., bikin pusing pamarentah aja..he’he’he’” timpal Pa RT Junot. “ Ga susah nyariin ente ..Jek.!, saya perhatiin ente dari pagi ampe sore ini ente betah amat disini, ngobrol apa aja kalao boleh tauu??” tanya Pa RT Junot penasaran rupanya, “Pa RT Junot...,bukan ngobrol biasa ini mahh.., ini mah Kongres..!” Jawab Jeki Siang dengan bangga, “ha ha ha..,kayak partai politik aja pake kongres kongresan segala ha ha ha” tertawa Pa RT Junot makin keras ketawanya, “ kongres apa ya..?” tanya kembali Pa RT Junot, “kongres tentang pasar tradisional atau pasar rakyat” jawab Jeki Malam, “waah apa itu ?? saya jadi pengen tauu..??”, “maaf Pa RT.., udah diujung acara, Pa RT telat..dah mao ditutup ama Pa Ulis...”, “ yaah nasib..., Jek ntar ntar kalo ketemu tolong didongengin lagii yaa..!” Pa RT Junot menerima keadaan, “ satu lagi neh kalao ada kongres lagi..., ajak ajak saya ya..” “baik Pa RT Junot” jawab peserta kompak, “bukan saya kurang hormat neh.., sehubungan sudah sore saya pamit pulang”, “ tapi sebelum pulang..., ente  Jek...!! jangan ngeledek motor saya ini, walaupun motor ini salju  alias asal maju... sudah banyak jasanya.., motor ini tokcer..ga pernah mogok.., diservisnya aja tiap hari.” terang Pa RT Junot dengan ramah, dan sudah siap di atas sadel motornya, ”baik pa “ jawab Jeki Malam dengan muka memerah karena ketahuan isi hatinya, “ waaah kok tau bisa tau saya nyebut motor salju...disini banyak orang sakti ya...” gerentes hati Jeki Malam, “asallamu ‘alaikuuum” Pa RT Junot langsung tancap gas, “waalaikum salaaaaam” bales peserta dengan kompak sambil tangannya menutup telinganya masing-masing mengurangi suara bising motor salju Pa RT Junot. “silahkan Pa Ulis...”,  “ntar dulu ..Jek..! “ pinta Jeki Malam, “ apa lagi .. dah mau ditutup...”, “ ente belum nerusin rebonding itu..” , “ ooo..ya.. kamu masih belum ngarti rebonding…?, tadi  saya menjelaskan teori-teori saya yang masih dhoif atau bengkok-bengkok, makanya harus diluruskan atau di rebonding, seperti rambut yang kriting-kriting mao diluruskan, namanya direbonding he’he’he’” jawab Jeki Siang dengan enteng sambil diiringi tertawa kecil…, “, mendengar jawaban Jeki Siang mata Jeki Malam melotot jengkel, “ sudah sudah, kapan mao ditutup neh acaranya he’he’he’” Pa Ulis mencoba meredam emosi Jeki Malam sambil tertawa kecil, “ iyaa neh dah sore neh oom..ntar saya minta anter pulang nya ..ya, te,en-temen saya dah pulang duluan” celetuk Jefri Kecil yang masih setia mengaminin acara ini, “enaak aja.. pulang sendiri..!, tuh contoh jaelangkung hidup ga pernah nyusahin orang “datang ga diundang pulang ga dianter, he’he’he’” sela Jeki Siang sambil terkekeh, “yaah dedemit lagi jadi contoh” gerentes hati Jeki Malam, “ stop..kapan beresnya kalao bercanda melulu..” kata Pa Ulis, “tutup langsung Pa Ulis”,”baik lah saudara- saudara peserta kongres atau kongkow ga beres beres yang saya hormati, kongres telah mencapai penghujung acara dengan selamat sentosa, dengan mengucapkan syukur alhamdulillah acara ini kami tutup, kami berharap semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca budiman, serta kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi yang membaca dan yang dibaca, yang menulis dan yang ditulis berkah selamat sempurna tidak kurang satu apapun...”aamiiiiiiiiiiiiiiiiiin”.
====================&&&=====================




2 komentar: