Rabu, 16 September 2015

KONGRES KE II JEKI SIANG DAN JEKI MALAM





KONGRES KE II

JEKI SIANG DAN JEKI MALAM

Bagian Pertama
Serunya kongres Jeki Siang dan Jeki Malam

Tentang Jam karet

Sore selepas waktu Isya, Pos Ronda biasanya sudah mulai ramai oleh warga yang datang untuk kongkow kongkow ngga beres beres disingkat kongres.  Topik Kongkownya tidak pasti, kegiatan ini untuk melepas penat sejenak, yang seharian bekerja ditempat masing-masing, ini sore mah kelihatan sepi belum ada tanda-tanda akan banyak berkumpul warga baik untuk kongres saja, atau untuk persiapan Wajib Ronda bagi tiap warga yang piket ronda ini malam, hanya satu warga yang selalu hadir lebih dulu dibandingkan yang lain, walaupun beliau tidak piket ronda ini malam, yaitu Jeki Malam yang lebih cepat datang ke Pos Ronda di banding dengan bayangannya he’he’he’, pemirsa budiman pasti berpikirnya kepada Lucky Luke, memang beliaulah yang punya hak paten lebih cepat dari bayangannya sendiri, itupun hak paten untuk “menembak”, berbeda ama Jeki Malam, beliau lebih cepat dari bayangannya datang ke Pos Ronda.., ya.. memang lampu bohlam Pos Ronda belum dinyalakan alias masih gelap, yang menyalakannya yaitu beliau sendiri he’he’he’ penulis tertawa sendiri, padahal ngga ada yang perlu ditertawakan, yang tahu maksud tertawanya hanya penulis.

“pada kemana neh orang.., satu pun belum nongol...,waduuuh palagi mereka yang bagian ronda neh malam, satupun belum ada..., gimana..kalo Pa RT Junot datang duluan...., wahhh bisa runyam dah...”Jeki Malam bergumam sendiri sambil membayangkan muka Pa RT Junot yang penuh dengan wibawa Qomar...,eh..maaf wibawa aja.., Qomar nya ngga dibawa, sebab sudah pensiun  he’he’he , pemirsa emang ada lucu..?, yakin dan pasti jawabannya ngga ada..!, biarlah itu mah suka-suka penulis saja, wong disini hanya dia yang punya hak prerogatif.

Braak..”, suara keras kayu yang dipukulkan dengan kencang bikin kaget Jeki Malam yang sedang asik baca buku. “astaghfirullah hal adzim .., bikin kaget aja..ente mah..” dengan nada dongkol. “Bahasa mah ga beli…Jek.., nyampe kesini tuh pake salam duluuuu…, assalamualaikum kek , selamat malam kek, ini mah malah nge gebrak Pos Ronda..gimana kalo neh Pos ini rubuh…, bisa-bisa ente dikramasin ama Pa RT Junot tauuu..” Jeki Malam ngeluarin uneg-uneg, “he’he’he’ sorii..soriii” jawab Jeki Siang enteng. “ saya dah salam ke kamu.. ssalamualaikum…, kamu diem aja.., selamat malam.., punteun, kulo nuwun.., tetep kamu diem aja kaga mempan ya..udah saya gebrak aja sekalian”, kapan ente ngomongnya, ane dikit aja kaga denger..”, ”jelas aja kamu kaga denger kuping kamu dipasangin  walkman segede gede piring”, “hua ha ha “ Jeki Malam ngakak bebas mendengar kata walkman. “dasar orang produk tahun 80 an, ini mah bukan  walkman .., ini mah handset tauu” Jeki Malam ngejelasin sambil membuka handset nya yang sedari tadi nempel dikupingnya. Pemirsa budiman mohon maaf kalau ada yang paham tentang headset, handset dan handfree.

”ngga sari-sarinya ente datang , emang ente neh malam bagian piket ronda ..?” Tanya Jeki Malam sepertinya penasaran, “ngga bisa tidur…Jek..” saut Jeki Siang, “waduuh segede ini ente masih belum bisa tidur..aneh..padahal belajar tidur sejak kecil…sekarang masih belum pinter juga… keterlaluan ..he’he’he’” ledek Jeki Malam, “ya udah nongkrong aja disini..”ajak Jeki Malam, “jam segini mah di kota masih rame, malah orang orang baru pulang kantor” Jeki Siang mencoba membandingkan kehidupan kota yang ramai dengan kehidupan di desa sepi, tentrem dan damai, “ya memang jauh bedanya antara kehidupan kota dan desa, di kota jelas banyak urusan, banyak tujuan, dan banyak yang dicari, di desa tidak banyak urusan seperti di kota, hanya sedikit urusan yaitu pertanian, kebun, atau sawah, itupun tidak bisa diburu buru, ada proses waktu yang tidak bisa ditawar tawar” tambah Jeki Malam.

waduuh banyak amat buku disini kamu yang bawa..?, “iyaa..tapi buku ini udah usang, kepunyaan pa guru Didi Semedi, kata beliau mending buku ini buat kamu walaupun sudah usang, pesen beliau baca buku ini buat nambah nambah elmu, jangan dikilo, apalagi dibuang, karena isi buku ini adalah elmu, buku mah ada kadaluarsanya, tapi elmu mah ngga ada kata kadaluarsa” Jeki Malam menjelaskan sejarahnya kenapa sekarang di Pos Ronda banyak buku”, “kalau buku penuh dengan elmu kenapa harus dikasihin ke kamu” Tanya Jeki Siang, “ kata pa guru Didi Semedi… sudah ada penggantinya, juga rak bukunya sudah penuh” jawab Jeki Malam. “kalau dilihat judul judulnya kebanyakan tentang pengawasan intern…, buku ini cocok untuk para Pengawas di kantoran…, buat kita mah jauh dari yang diperlukan…, kamu baca semua ini buku..?” “iyalah… kan pesen pa guru Didi Semedi kudu dibaca...ada elmunya, ya.. ane baca semua biar nambah nambah pengetahuan… gratis…he’he’he’ kaga perlu bayar, coba kalau kita sengaja sekolahh lagi ..umur sudah ngga ngedukung…, juga biayanya.. pun ampunan dah.., biaya sekolah jaman sekarang mah tau sendiri ente”, “ luar biasa kamu punya pikiran begitu, mudah mudahan Tuhan Yang Maha Esa memberi jalan yang terang buat kamu yang sedang menambah elmu dan pengetahuan”Jeki Siang memuji dan mendoakan Jeki Malam agar mendapat kemudahan dalam menambah elmu, “terus terang Jek..!, itu kan porsi bicara untuk pa Ustad Ocim Jekrem nanti kok ente yang ngomong..?” tanya Jeki Malam, “ iyaaa betul itu porsinya bicara pa Ustad Ocim Jekrem…, tapi beliau belum datang seh he’he’he’ “ Jeki Siang membenarkan pertanyaan Jeki Malam, “gimana kalao pa Ustad Ocim Jekrem datang…?, beliau nanti mao ngomong apa..?, kan sama ente udah diambil..?” Jeki Malam balik tanya, “he’he’he’ paling diulang lagi omongan saya he’he’he “ jawab Jeki Siang dengan enteng tanpa beban, “ya udah…., yang waras ngalah huahahaha” jawab Jeki Malam dengan diiringi tertawa yang lepas, Jeki Siang pun ikut tertawa, keduanya tertawa dengan lepas, sepertinya mereka menikmati hidup ini…,tanpa beban.

waduh masih belum pada datang neh mereka yang piket ronda ini malam.., gimana nanti kalo Pa RT Junot datang yang piket satupun belum pada nongol.??, jam karet melulu..!” dengan nada cemas Jeki Malam ketakutan dengan Pa RT Junot kalau beliau datang lebih dulu dari yang piket ronda, “ Jek..! tolong barangkali ente punya ide untuk memecahkan masalah ini” Jeki Malam memohon bantuan. “ tenang Jek!!.. jangan panik.., semua ada solusi kalo kita mao nyari”, “ iyaaa gimana dan dimana nyari solusinya…? Tanya Jeki Malam dengan ngga sabar, “baik..Jek.!, semua ada di diri kita sendiri…,pertama kita harus tenang…, kamu kan ini malam ngga bagian piket ronda..?, kenapa harus takut dan cemas…?, harusnya mereka yang bagian piket ronda ini malam yang takut dan cemas dimarahin ama Pa RT Junot, karena datang telat atau jam kareet.., bukan kamu…”, “ooo iya ya.. ente betul juga Jek.., terus solusi yang kedua…?, “solusi yang kedua…hmm kita berdua berdoa supaya Pa RT Junot juga datang terlambat.., jadi terlambat semuaaa…, jadi ngga ada yang terlambaat..dan ngga ada yang perlu dimarahin.. huahahaha” berdua ketawa senang, apa senang karena mendapatkan solusi atau menertawakan kita yang selalu mendapat ide untuk keluar dari permasalahan, walaupun itu belum tentu menyelesaikan masalah dengan permanen.

“kenapa ya di kita mah jam karet selalu ada dimana mana ? Jeki Malam mencoba mendalami masalah jam karet, “ Jek..!, betul kata kamu, yang namanya jam karet atau keterlambatan.., ngga dimana mana hampir disemua sendi kehidupan, pelakunya…ya kita kita lah, termasuk…. Pa Ulis sendiri he’he’he’”Jeki Siang mencoba memberikan penerangan singkat, hanya waktu menyinggung nama Pa Ulis maksudnya Penulis, suaranya sengaja dikecilkan setengah berbisik kepada Jeki Malam, dan keduanyapun tertawa dengan suara yang ditahan agar tidak terdengar oleh Pa Ulis. “terusin..Jek.!” pinta Jeki Malam, “ok.. Jek..!, banyak kemungkinannya yang menyebabkan hal ini terjadi, hanya... kalao kita berbicara jam karet, itu identik dengan keterlambatan atau tidak tepat waktu, dan pikiran kita selalu...negatif atau kurang baik. “kenapa bisa negatif atau kurang baik??” tanya Jeki siang, “karena hidup ini ada biayanya, kita ini selalu memperhitungkan untung rugi, besar kecil biaya yang kita keluarkan untuk satu peristiwa, dan itu lumrah dalam kehidupan sehari hari kita, biaya ini dapat dijadikan sebagai patokan kita untuk dapat memperkirakan atau membandingkan hasil atau manfaat yang diinginkan. “emang hidup ini ada biayanya ???, ane ngga ngerti “ tanya Jeki Malam, “ada...Jek !!”, “cara tahunya gimana kalo hidup ini ada biayanya???”, “gampang.., kamu ngeluarin duit buat beli makanan, minuman, rokok dan yang lainnya, berapa duit sehari ???...kira kira aja..!!”, “kira kira antara 20 ribu sampai 25 ribu sehari..., itu udah semuanya” ujar Jeki Malam, “ kita anggap 20 ribu satu hari, kita bagi 12, jadi sama dengan kurang lebih 1600 perak, artinya kamu dalam 1 jam menghabiskan biaya sebesar 1600 perak, terus...kamu menghasilkan “apa dan berapa”.., kalau kamu menghasilkan...uang sebanyak  misalkan 20 ribu perak sehari berarti perjam kamu menghasilkan 1600 perak, sampai sini ngarti  ngga...Jek!!...,Jek!!” panggil Jeki Siang setengah teriak, Jeki Siang kaget melihat Jeki Malam sudah duduk di pojok Pos Ronda dengan muka agak pucet, “ kenapa kamu duduk dipojok, muka kamu pucet lagi.., kamu sakit...?? masuk angin...??”, dengan mengeluarkan napas dalam dalam Jeki Malam menjawab “sori Jek.., ngga apa apa, ane terus terang ke ente, sebetulnya ane trauma berat ama matematik..., dari kecil ampe sekarang takut terus ke matematik, ngga ilang2 tuh penyakit sialan he’he’he’ jawab Jeki Malam sambil tertawa malu, “waktu kecil ...masih di SD, ane masih inget kalo ane nangis.., emak ane suka ngomong begini “Jeki berenti ngga nangis nya..!!, kalo ngga.. emak kasihin neh ente ke matematik..”, eeh ngga nunggu lama nangis ane langsung berinti, “huahahaha“ mereka tertawa bareng, “ Jek.., emak kamu hebat ya..bisa tau kamu takut ama matematik..he’he’he’ emang matematik itu apaan?? tanya Jeki Siang sambil meneruskan tertawanya, ”gimana ngga tau..., emak ane suka nongkrongin kalo ane ngisi PR, emak ane tau ane suka nangis kalo ketemu ama PR matematik sabab kaga bisi ngisi nya he’he’he’, kadang2 ane ama emak nangis berduaan..., ane nangis karena kaga bisa ngisinya..., emak nangis kaga bisa bantuin ane ngisinya..., karena emak buta huruf” Jeki Malam menjawab dengan nada pelan, seperti ada yang yang ditahan dalam dadanya, hanya dipojokan matanya saja terlihat kilauan pantulan cahaya dari segunduk kecil air mata yang akan menetes. Melihat kondisi temen yang sedang sedih, Jeki Siang pun ikut merasakan sedihnya kehidupan Jeki Malam yang ditinggal selamanya oleh orang yang dicintainya, tapi untungnya Jeki Malam ini mengerti akan dirinya, hingga saat ini tidak ada perilaku yang mengecewakan orang lain dari dirinya, sekarang dia tinggal dengan Bapaknya yang sudah tua, “ane masih inget kalo mao tidur emak ane suka ngasih dongeng dongeng, ama wejangan buat ane, emak tau ane anak tunggal, walaupun anak tunggal emak ngga mao hidupnya seenaknya, harus mandiri”, “iya Jek.., sepengetahuan saya kamu orangnya ngga pernah bikin orang jengkel padahal seumuran kita mah, lagi sedeng sedeng nya cari jati diri”, “emak ane.., suka ngomong begini..Jek!, Jeki... kita mah bukan turunan orang berpendidikan, harus tau diri…, yang namanya kejujuran harus diutamakan, hidup dimana aja kapan aja, kamu jangan serakah, jangan suka maksa, jangan iri ama rejeki orang lain, apalagi ceceremed, kudu bisa nitipin diri, kudu bisa jujur, jujur ke diri, jujur kepada agama, jujur kepada negara, juga jujur itu perintah Rosululloh, jujur itu selalu menuju keberkahan, emak doakan mudah mudahan anak mah rejekinya lebih dari emak” ujar Jeki Malam dengan nada pelan, “Jek..., saya jadi malu kamu ngomong kejujuran dimana saja kapan saja kita kudu bisa jujur” Jeki Siang membuka isinya tentang kejujuran, “emang ente selama ini hidupnya ngga jujur...???” tanya Jeki Malam, “udah jujur..Jek.!, Cuma baru 2 minggu aja, itupun selama saya di sini, waktu di Jakarta mah boro boro... tau jujur tau ngga.??, terlalu banyak itu ini nya, terlalu banyak improvisasinya, banyak yang dicari cari, beda jauh ama disini...” jawab Jeki Siang dengan muka menunduk malu. Keduanya...diam..hanya hatinya yang berbicara masing masing.

Pemirsa budiman, saya selaku penulis mohon maaf, tidak akan menuntaskan sesi jam karet ini...takut pamali, karena kedua pelaku Jeki Siang dan Jeki Malam larut dalam kesedihan yang sepertinya sangat mendalam, tapi… menurut pemirsa budiman gimana …???.


                                                                             bersambung..........



Penjelasan bahasa aneh menurut Anda pada tulisan di atas ini.
1. kongkow = ngobrol
2. kongres = kongkow ngga beres beres
3. bohlam = lampu pijar
4. dikramasin  = di ceramahin
5. ngga sari-sarinya = ngga biasanya
6. bisa runyam = bisa repot
7. jam segini mah = saat ini
8. pesen = pesan
9. elmu = ilmu
10. dikasihin = diberikan
11. nongol = nampak, terlihat
12. pucet = pucat
13. segunduk = setumpuk
14. pamali = kuwalat
15. ceceremed = suka mencuri
16. nitipin diri = menghargai adat dan budaya setempat
17. sedeng sedengnya = sedang sedangnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar