Sabtu, 10 Juni 2017

Pelayanan Puskesmas Kota Karawang 2017.

Pelayanan Puskesmas Kota Karawang 2017.
Seluruh jajaran Puskesmas Kota Karawang

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan unit terdepan dari Pemerintah untuk pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan kesehatan masyarakat, langkah positif ini yang digulirkan oleh Pemerintah, untuk memudahkan masyarakat untuk berobat secara cepat dan tepat, kalau tidak salah program ini digulirkan pada awal Pemerintahan Orde baru yang sudah lewat.
Puskesmas Kota Karawang  (Depan Masjid Al-Jihad)

Melalui Puskesmas sarana pemberdayaan dibidang kesehatan masyarakat lebih mudah, karena langsung melayani masyarakat, juga dalam dari pembiayaan yang sangat membantu masyarakat kecil. Dibanding langsung berobat ke Rumah sakit besar yang terletak jauh di pusat kota.
Nomor urut pasien 

Puskesmas Kota Karawang merupakan salah satu pavorit untuk berobat saya dan keluarga, selain tempatnya tidak begitu jauh dari tempat tinggal saya, lokasinya sangat strategis di jalan Ahmad Yani tepatnya di depan Masjid Al-Jihad, masjid kebanggaan Kota Karawang. Antriannyapun tidak membludak seperti di Rumah Sakit Umum Karawang. Sebelum mendapat obat dari Puskesmas Karawang, rasanya belum berobat padahal sudah berobat ke Dokter umum ditempat lain, itu perasaan saya he he he .
Kesibukan di tempat pendaftaran

Pada pertengahan Bulan April 2017, saya berobat kembali ke Puskesmas Pavorit saya he he he, sungguh sangat berubah dengan Puskesmas beberapa bulan yang lalu, sekarang ada beberapa unit yang direvitalisasi seperti Unit Gawat Darurat, diperuntukan bagi pasien yang perlu penanganan cepat, seperti pasien kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja dan lainnya.

Tempat Pengambilan obat
Dari segi teknis pelayanan kepada calon pasienpun, sudah direvitaliasi layak kantor modern, seperti sistem antri pakai nomor antri, mengambil obat pakai nomor pula. Ini memudahkan pasien untuk mendaftar ke bagian pendaftaran, (maaf) dulu pendaftaran selalu ngejubel calon pasien untuk daftar terlebih dulu, jadi kesannya terlihat kumuh, tidak tertib.

Tempat pasien menunggu
Saat ini Puskesmas Kota Karawang dipimpin oleh dr. Hj. Kenalin Intan Poppy.A.MKK, membawahi sub unit seperti Poli Gigi, Poli Umum, Poli Ibu dan Anak, Poli Lansia, konseling Graha semesta, TB Paru, konseling Berhenti Merokok, dan konseling HIV/AIDS. Dengan jumlah pegawai atau staf sebanyak 35 pegawai yang terdiri dari dokter Umum 3 dokter, dokter Gigi 1 dokter, tenaga perawat 7 perawat, 7 bidan, 1 epimologi, 1 asisten Apoteker, 1 laboratorium, 1 ahli gizi dan tenaga administrasi berikut tenaga keamanan, petugas parkir 13 orang.

Jam buka Senen-Kamis dari jam 7.30 - 14.30.

Juma’at  : 7.30 - 14.30.

Sabtu : 7.30 – 13.00.

Tempat Parkir yang cukup luas.

Daftar biaya

Pada dasarnya Puskesmas sudah ada di seluruh Kecamatan di Kabupaten Karawang, untuk melayani masyarakat berdasarkan tempat tinggal. “Tetapi kami siap melayani seluruh masyarakat yang datang untuk berobat ke Puskesmas Kota Karawang, tidak boleh ada yang ditolak” begitu arahan pimpinan Puskesmas Kota Karawang kepada seluruh stafnya, “bahkan kami melakukan kegiatan di luar gedung Puskesmas, seperti kegiatan pembinaan Posyandu, Posbindu dan Pusling, bagi masyarakat yang ingin berobat ke Puskesmas tidak pungut biaya, kecuali untuk pemeriksaan laboratorium, Kir Dokter dan USG, itu dipungut biaya dan sudah diatur oleh Perda tersendiri” tambah beliau.
UGD siap membantu pasien darurat

Mudah-mudahan perubahan ini tidak hanya di Puskesmas Kota Karawang saja, meluas ke seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang, sebagai bentuk tanggungjawab kepada kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Panca Sila. Bravo Puskesmas Kota Karawang.

(Terimakasih kepada dr. Hj. Kenalin Intan Poppy.A.MKK dan staf Puskesmas Kota Karawang atas informasinya untuk melengkapi tulisan sederhana ini).

 Karawang 10 Juni 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar