Senin, 04 Juli 2016

Kota Karawang Kota Kembang/Bunga (Dadakan)


 Kota Karawang Kota Kembang/Bunga (Dadakan)

Sungguh luar biasa pertumbuhan ekonomi di Kota Karawang, hingga dapat merubah suasana Kota Karawang menjadi Kota Kembang/bunga (Dadakan), kegiatan perdagangan kembang/bunga di Kota Karawang ini hanya bersifat dadakan menyongsong hari hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri (lebaran), fenomena ini lebaran tahun lalu tidak sehebat sekarang, hanya beberapa pedagang saja yang berjualan di sepanjang jalan Tuparev. 

Tapi lebaran tahun ini sungguh hebat, puluhan pedagang bunga dari Kota Bandung dan sekitarnya, seminggu sebelum hari lebaran mereka sudah datang berdagang di sepanjang jalan Tuparev. Jalan Tuparev dengan adanya tukang kembang/bunga ini, menjadi berubah hingga pangling melihatnya, karena banyaknya kembang/bunga yang dijajakan di sepanjang trotoar jalan tuparev, udaranyapun sepanjang kalur ini, berubah menjadi wangi kekembangan/bunga bungaan.

Jl. Tuparev.
jl. Tuparev.

Menurut seorang pedagang kembang/bunga Karawang merupakan lahan baru bagi para pedagang kembang/bunga, selama ini kami terfokus pemasaran pada kota besar seperti Jakarta dan Bandung, tapi sekarang menurut beliau Karawang untuk pemasaran kembang/bunga punya potensi untuk berkembang seperti di pasar Rawa Belong Jakarta, bahkan lebih…,beliau berharap kepada Pamarentah Daerah Karawang, mumpung belum pesat perkembangannya,

alangkah baiknya ditentukan lokasi atau pasar khusus untuk kembang/bunga dari sekarang, agar kami tidak berjualan di sepanjang trotoar ini, sekarang mah harap maklum aja kami berdagang di trotoar jalan Tuparev ini.
Menurut beliau juga, kembang/bunga ini langsung didatangkan dari Cihideung, Cihanjuang Lembang Bandung Utara, bukan dari  Rawa Belong. 

Jenis kembang/ bunga yang dijajan sangat beragam, banyak pilihan seperti Sedap Malam, Mawar, Berbera, Aster, Salju, Pikok, Lederlif, Carnesen, Gradiul, Vilodendum, Lili, Casabalnca, Melati dan Babybrad. Selain itu tersedia juga pedagang yang menjajan kembang/bunga khusus untuk menabur di pemakaman, sudah komplit konsumen tinggal pilih tutur beliau.

Bila Anda tidak percaya dengan fenomena ini…., datang aja ke Jalan Tuparev Karawang, sekarang juga. Terima kasih.

Karawang, 5 Juli 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar