Sabtu, 21 November 2015

Mikro Hydro Peluang Terabaikan


Mikro Hydro Peluang Terabaikan


Menurut pandangan saya selaku warga negeri tercinta ini, bahwa Tuhan YME berpihak kepada kita, banyak sumber daya alam yang ada di negeri kita, yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat, tapi juga banyak yang kita abaikan, seolah olah tidak ada manfaatnya sekecil apapun bagi rakyat banyak.


Seperti pada gambar diatas, air di negeri kita ini sangat melimpah, karena banyaknya  gunung gunung dan hutannya.  Air mengalir terus tanpa ada halangan musim kemarau…, sayangnya air yang mengalir dari gunung belum seluruhnya dimanfaatkan menjadi tenaga listri yang lebih dikenal dengan “Mikro Hydro”.


Padahal potensi ini, bila dimanfaatkan oleh warga sekitar gunung… insya Allah akan memberikan manfaat yang luar biasa, dibanding mereka keluar dari desa untuk mencari pekerjaan di kota besar, atau bahkan keluar negeri menjadi TKW  atau TKI.


Ada pepatah dari leluhur kita “Gunung Hejo, leuweung Hejo Rakyat Ngejo” arti gunung dan hutan hijau (tidak gundul) rakyat bakal makmur, karena hutan dan gunung yang asri dapat memberikan manfaat luar biasa kepada masayarakat sekitar, seperti air yang melimpah ruah untuk pertanian, perkebunan, empang dan Mikro Hydro.


Tapi pepatah itu sudah tidak ampuh, bahkan mendekati kepunahan, tidak dikenal oleh kita semua sekarang, akibatnya bila musim kemarau tiba , banyak daerah gunung dan hutan yang kekurangan air, yang seharusnya tidak terjadi, bahkan ini berulang ulang seolah olah tidak ada rumusnya untuk menghadapi ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar