Jumat, 02 Oktober 2015

KONGRES KE II JEKI SIANG DAN JEKI MALAM Bagian Keempat Tentang Mang Juneh Pantes




KONGRES KE II JEKI SIANG DAN JEKI MALAM 

Banyak referensi Dalam kongres Jeki Siang dan Jeki Malam

Bagian Keempat
Tentang  Mang Juneh Pantes

Pa RT Junot…, jadi ngga kita samperin ke rumah mereka masing masing…?” tanya Jeki Siang membuka obrolan setelah mereka hening sejenak, “ saya kira ngga perlu…, sabar aja nanti juga mereka datang .., saya berpikiran positif aja…, mereka pasti datang…, cuma ngga tau pasti pastinya” jawab Pa RT Junot dengan santai, jeki siang dan jeki manggut manggut aja.
“ Ini jeleknya kalo mereka berprinsip “alon alon asal kelakon”…, bukan kita aja, Pa RT Junot juga harus nunggu nunggu “ jeki Siang mengeluarkan uneg uneg nya, “iyaa disangkanya nunggu itu pekerjaan enak…, padahal nunggu itu pekerjaan yang membosankan” Jeki Malam menyambut kekesalan Jeki siang. Rupanya Pa RT Junot memperhatikan keluhan Jeki Siang dan Jeki Malam, tapi dengan penuh bijaksana Pa RT Junot berkata “ betul Jek..!, menunggu itu pekerjaan yang membosankan…., makanya supaya tidak bosan…, kita isi ama kongkow kongkow ini, walaupun tidak menjawab atau membereskan persoalan secara penuh.., tadi kamu mengatakan prinsip alon alon asal kelakon itu jelek…?”, “ betul Pa RT Junot “ jawab Jeki Siang pendek dengan denyut jantung yang naik mendadak, apalagi Jeki Malam muka dah pucet “ waah runyam dah…” gerentes hati Jeki Malam.
Sebelum Pa RT Junot menjelaskan arti Alon alon asal kelakon, dari kejauhan terdengar suara khas “trek trek trek” suara besi beradu dengan besi, telinga Pa RT junot peka terhadap suara khas ini “ naah kebetulan Mang Juneh Pantes datang.., emang dah lama saya tunggu tunggu he’he’he’ “ kata Pa RT Junot diiringi tertawa kecil. Pemirsa budiman Mang Juneh Pantes ini berprofesi sebagai tukang urut atau tukang pijat tuna netra, tapiii berbeda jauh antara tukang pijat di pedesaan dan di kota he’he’he’ , jangan ngeres dulu pikiran kita, maksudnya berbeda jauh dari segi pendapat dan penampilannya, bukan yang lain lain, tapi kalau permirsa budiman mau menafsirkan yang lain lain silahkan saja he’he’he’.
“Pa RT Junot..!, kira kira Mang Juneh Pantes apanya yang pantes…?” Tanya jeki Malam, “ntar tanya langsung ke jinisnya aja” jawab Pa RT Junot. “AssalamualaikumMang Juneh Pantes memberi salam lebih dulu. “waalaikumsalam” jawab mereka bareng, tanpa ada perintah dari Pa RT Junot, jeki Siang mempersilahkan duduk ke Mang Juneh Pantes. “Mang.. duduk dulu…., istirahat dulu…”, “Ya makasih… makasih…” timpal Mang Juneh Pantes, “perasaan dah lama saya ngga ketemu Mang.., kemana aja…?” tanya Pa RT Junot, “tetep biasa keliling terus…, sebentar…ya, kalo mendengar suaranya.. Mang… apal.. neh pasti Pa RT Junot..ya ..he’he’he’ ?” jawab Mang Juneh Pantes mencoba menebak orang orang disekitarnya..”coba tangannya angkat ke deket hidung Mang “ pinta Mang Juneh Pantes ke mereka bertiga sekaligus, dan tanpa ada perasaan apa apa mereka menuruti permintaan Mang Juneh Pantes,  satu persatu tangannya diciumi oleh Mang Juneh Pantes, “ naaah betulkan yang ini mah Pa RT Junot”, sambil memegang tangan Jeki Siang “naaah yang ini mah Si Jeki Siang “, terus memegang tangan Jeki Malam “ini mah Jeki Malam he’he’he’ , masing masing orang punya sidik bau yang berbeda beda, Mang apal…, bau si ini.., bau si itu…”, yang berbeda itu bukan sidik jarinya aja atau sidik bibir atau sidik mata…., sidik bau juga beda beda……, mereka bertiga tidak ada yang membantahnya dan tertawa semuanya ”Hahahahaha”.
“Mang Juneh Pantes …kok bisa mengingat bau tiap tiap orang…?” kata jeki Siang keheranan, “Mang sudah bilang tadi orang itu punya sidik bau yang berbeda tiap orang, walaupun orang itu sudah mandi pake sabun berkali kali he’he’he’, lagi pula kita jangan heran…, di dunia ini mah ngga ada perlu diheranin.., ini semua sudah ketentuan Alloh Yang Kuasa, Mang ngga dapet melihat indahnya dunia…, karena mata Mang dua dua buta sejak lahir, sudah kodrat dari sononya, tapi Alloh memberikan kelebihan yang tidak dipunyai oleh orang lain yang normal…, yaitu selain pendengaran, Mang…bisa mengingat bau tiap tiap orang, tapi itu juga orangnya yang pernah dipegang atau pernah diurut atau dipijit ama Mang, kalo belum mah …sama aja…, Mang juga belum tau…, harus kenalan dulu..he’he’he’” jawab Mang Juneh Pantes, “conto ente jek…, ente pernah keseleo waktu maen bola…benerkan….?” Tanya Mang Juneh Pantes, “ betul dulu sekali…, Mang masih inget …ya” Jeki Siang membenarkan, “kamu juga Jeki Malam, dulu almarhum emak ente datang ke Mang sambil nangis…, , ente jatoh dari pohon jambu di kebon Pa Haji Didi adenya Haji Pa Dede..”, “betul Mang..” Jeki Malam tidak membantahnya.
Pemirsa budiman perkataan Mang Juneh Pantes tentang sidik bau orang berbeda beda, sepertinya perlu mendapat perhatian dari segenap para ahli kimia dan biologi dari Republik tercinta ini, sebelum ahli dari luar negeri lebih dulu menelitinya. Bila mana para ahli kimia dan biologi akan mengadakan simposium, temu wicara atau seminar sehari kek, seminggu kek , sebulan kek, hendaknya Mang Juneh Pantes jadi narsum atau nara sumber yang dapat dipertimbangkan karena keorsinilan hipotesanya tentang  sidik bau, dan menurut pengamatan penulis belum ada ahli sidik bau orang didunia ini, he’he’he’.
“sekarang Mang mao kemana…” tanya Pa RT  Junot, “ya.., mao kesana…, ke ibu kota desa kita, mudah mudahan disana ada yang mao dipijit ama Mang..”jawab Mang Juneh Pantes, mendengar ibu kota desa Jeki Malam langsung cekikikan , “ jek…, ane baru ngedenger ada ibukota desa….?, apalagi desa kita…? Dimana ya…?, yang ane tau mah ibu kota itu…ibu kota Negara…, ibu kota propinsi…, ibu kota kabupaten….,” jeki Malam nanya ke jeki siang, “jek kamu memang diciptakan untuk jadi manusia kritis, tapiiii untuk hal ini mah kamu ngga perlu pusing pusing…, nanya ada ngga ibu kota desa…, aminin aja pusing pusing amat mikirin…” jawab Jeki Siang bernada jengkel, “ooo maksudnya kantor Desa …, kan di alun alun kantor Desa, kalo malam mah banyak orang yang dagang, apa aja ada”, “ naah itu dijawab sendiri” kata Jeki Siang.
Pemirsa budiman.., untuk ukuran desa ini Mang Juneh Pantes, boleh dibilang pakar dalam hal pijat memijat, jangan heran jangan aneh Mang Juneh jarang ada ditempat, karena banyak panggilan. Selama beliau menjalani profesi ini, ada pantrangan yang ngga boleh dilanggar yaitu…., mijit biji mata pasien…. Huahahahaha, duuhhh  pemirsa budiman kejebak…..ngga……, lucu….ngga..??.
Hanya ini malam belum ada panggilan langsung, terpaksa Mang Juneh ngider atau keliling kampung, dengan harapan ada yang mau memakai jasanya. “biasanya sudah ada manggil untuk mijit, tapi kebetulan ini malam belum ada yang manggil”, “dah jangan kecil hati… Mang Juneh” kata Pa RT Junot, “dah disini aja dulu.., mijit saya.., sambil ikut kongres ama Jeki siang dan Jeki Malam” ajak Pa RT Junot ke Mang Juneh Pantes, “baik pa RT Junot…, dimana dipijitnya” dengan gesit Mang Juneh Pantes menjawab, “ disini aja di sini rame .., sambil ikut kongres” jawab Pa RT Junot, “ coba Jek..!, bukunya dirapihkan dulu, biar leluasa Mang Juneh mijitnya” Pa RT Junot memberi perintah pada Jeki Malam, tanpa disuruh dua kali Jeki Malam segera merapikan posisi buku yang berserakan dan ditempatkan dipojokan Pos Ronda.
Sambil memijat badan Pa RT Junot , Mang Juneh Pantes menceritakan pengalaman pengalamannya selama  menjalani profesi ini, bahkan dengan bangga bisa kenal pajabat pejabat Desa dan Kecamatan.                        “Kita mah kalah Jek.., sama Mang Juneh mah…, bisa kenal ama pejabat pejabat Desa dan Kecamatan…, luar biasa…” kata Pa RT Junot, “ padahal Pa RT Junot mah jabatan udah …jadi RT, tapi belum tentu bisa nemui beliau beliau dengan mudah..” jeki Siang nimbrung pendapat, “ itu..lah.., kehidupan…, kita mah jalanin ajah apa adanya, ngga usah mikirin yang jauh jauh yang ngga kehontal ama kita, kenal ama pajabat pajabat, buat Mang itu dah suatu anugrah yang luar biasa besarnya dan musti disyukuri oleh kita, Mang mah Cuma tukang pijit ngga punya keahlian yang lain” kata Mang Juneh Pantes, “makanya Jek…, kamu berdua mumpung masih muda cari elmu, ngga usah banyak banyak, percuma banyak juga kalo ngga keurus, mending 1 aja, tapi mumule atau pelihara dengan baik, diasah terus…, itu luar biasa…tenaganya mengangkat derajat hidup kita” Mang Juneh memberi nasihat kedua Jeki.
Mang mah, bukan pejabat yang Mang lihat…, tapi orangnya.., sama sama ciptaan Gusti Alloh, makin banyak orang yang kita kenal …, makin banyak silaturahminya, kata Pa Ustad Ocim Jekrem…, makin banyak silaturahmi…., makin banyak rezeki yang kita dapat…,he’he’he’ “ ujar Mang Juneh Pantes dengan diiringi tertawanya yang renyah. Kemudian dengan bangga Mang Juneh Pantes memperlihatkan sesuatu kepada mereka bertiga, sambil merogoh sakunya dan berkata “neeh Mang dikasih henpun bekas ama anak Pa Camat.., he’he’he”, mereka bertiga kaget…, heran bercampur kagum, apalagi Jeki Malam sambil garuk kepalanya yang tidak gatel “Mang…, emang bisa makenya…?? tanya Jeki Malam penasaran, “bisa…, kan…diajarin dulu ama anaknya Pa Camat, kalo henpunnya berbunyi…tinggal pencet tombolnya…, neh yang iniii..” Mang Juneh memperlihatkan tombol yang dipencet, “terus ngomong haloww…..he’he’he’”, “asal jangan ngirim semesan aja, Mang ngga bisa baca, boro boro bisa baca, ngeliat juga nggaa, kan… Mang mah butaa”, mendengar ocehan Mang Juneh yang polos semua tertawa “hua ha ha ha ha”.
Tidak lama kemudian terdengar bunyi nyaring dari henpun Mang Juneh Pantes, dengan tangkas Mang Juneh Pantes mengangkat dan memencet tombolnya dan berkata “halow…..haloww.…haloww” suara Mang Juneh nyaring sekali, tapi sudah 3 kali menyebut halow tanpa ada jawaban. Jeki Malam memperhatikan posisi henpun yang dipegang oleh Mang Juneh, “Mang Juneh…balikin…, balikin” Jeki Malam memberi perintah, “ooo tebalik…..” dan ujug ujug Mang Juneh Pantes menyebut “ low ha …low ha…low ha” dengan suara yang lebih nyaring dari yang pertama. “hua ha ha ha” semua tertawa mendengar perkataan Mang Juneh dari “halow” menjadi “lowha” , “yeeh maksud ane.., yang dibalikin bukan halow jadi lowha, tapiiii ini henpunnya yang dibalikin, sebab spekernya madep keluar, bukan madep ke lubang kuping…, pantes aja ngga ada jawaban..,ngga kedengeeer”, “ha ha ha ha “ semua tertawa meriah berikut Mang Juneh Pantes sendiri yang jadi bahan tertawaan.
Dilihat raut muka Mang Juneh Pantes tidak nampak kekecewaan atau kemarahan karena prilakunya jadi bahan tertawaan mereka, tapi sepertinya Mang Juneh Pantes menikmati sekali. “Mang Juneh ditertawakan ama kita kita marah ngga..?” Jeki Malam bertanya, “Jek.., kenapa marah marah, nanti pahala yang sudah Mang dapet hilang lagi..” jawab Mang Juneh Pantes sambil memijat badan Pa RT Junot, “emang kapan Mang Juneh mendapat pahala..?” tanya Jeki Siang bergantian, “laah tadi waktu kita tertawa melihat Mang salah nempelin henpun…”, “kata Pa Ustad Ocim Jekrem…, kalo kita bisa membuat orang lain bahagia…, kita mendapatkan pahala dari Alloh” Mang Juneh Pantes meneruskan jawabannya, Jeki Siang dan Jeki Malam manggut manggut.

Henpun Mang Junet Pantes menyalak kembali, dengan hati hati Mang Juneh Pantes memencet tombolnya dan meletakan posisi henpun dengan tepat dan benar di kupingnya, “naah ini baru bener ngga kayak tadi emmm” saut Jeki Malam sambil senyum. “Assalamualaikum.., halow..disini Mang Juneh Pantes.., saya bicara dengan siapa…? Sapa Mang Juneh Pantes penuh dengan sopan santun menanyakan siapa lawan bicaranya, “ooo Pa Camat…, maaf Pa, Mang belum bisa ke rumah Bapak sekarang, sekarang Mang sedang memijat Pa RT Junot…disini di Pos Ronda” ternyata yang bicara di henpunnya adalah Bapak Camat, begitu mendengar yang bicara di henpun Mang Juneh Pantes adalah Bapak Camat.., sontak Pa RT Junot kaget dan langsung duduk ikut mendengarkan obrolan antara Bapak Camat dengan Mang Juneh Pantes seorang tukang pijat kampung, “baik Pa……baik pa…..baik pa…. betul pa….waalaikumsalam”, Pa RT Junot segera menanyakan isi pembicaraan tadi, “ada khabar apa dari Pa Camat” Tanya Pa RT Junot, “tadi beliau ngasih tau besok Mang diminta datang ke rumahnya, sekarang beliau sedang ada rapat di Ibukota Kabupaten…., beliau kenal dengan Pa RT Junot yang kumisnya baplang mirip tanduk kerbau, beliau tau Pa RT Junot bekerja dengan tulus dan penuh tanggungjawab …, dan beliau nitip salam buat Pa RT Junot” Mang Juneh Pantes menyampaikan isi pembicaraanya dengan Pa camat , “waalaikusalam, ada perintah yang selain itubalas Pa RT Junot sambil memilin milin kumisnya, tangannya reflek bergerak sendiri jika ada yang menyebut “kumis baplang seperti tanduk kerbau”. “ tidak ada Pa RT Junot” jawab Mang Juneh Pantes, “ kirain ada perintah khusus Pa Camat buat saya, kalo ngga ada mah terusin lagi Mang Juneh mijitnya” Pa RT Junot memberi perintah kepada Mang Juneh. 

Pemirsa budiman tangan Pa RT Junot yang reflek ini, pernah merugikan beliau hingga lecet lecet badannya. Pada waktu itu beliau sedang mengendarai sepeda motor saljunya dengan penuh kebanggaan, karena tidak memakai helm, pasti nampak wajah yang berwibawa dengan kumis baplang di atas bibirnya, tangan kanan memegang stang motornya, tangan kiri memegang cangklong kesukaan, jadi hanya satu tangan yang memegang stang motornya…, satu waktu Pa RT Junot melaju melintasi orang orang yang sedang kumpul di warung mang Juki Sore…, dan mereka serempak menyebut “Pa RT kumis baplang mao kemanaaa”, “mao ke…” Pa RT Junot belum selesai menjawab motor sudah belok ke parit yang kering dan…bruik.. braak… , Pa RT Junot berikut motor saljunya kecemplung ke parit kering, karena musim kemarau…, karena kelupaan sewaktu ada orang yang menyebut “kumis baplang” reflek tangan Pa RT junot akan memilin kumisnya agar lancip seperti tanduk kerbau…, tapi pada posisi sekarang ini beliau lupa sedang mengendarai motor salju…, akibatnya stang motor tidak ada yang memegangnya.., terus belok sendiri tuh motornya ke parit…bruik…brak…, orang orang yang ada di warung mang Juki Sore berhamburan mencoba menolong Pa RT Junot di dalam parit kering, Pemirsa budiman Anda bisa bayangkan jatuh dari motor ke parit yang kering….., orang orang dengan susah payah segera mengangkat badan Pa RT Junot, karena posisi motor ada di atas badan Pa RT Junot, dan mereka sudah menyangka yang bukan bukan terhadap kondisi ini. Tapi setelah ditolong oleh mereka, dan akan dibawa ke puskesmas terdekat, Pa RT Junot menolak, dan memeriksa badannya sendiri tiap tiap persendian beliau cek dengan teliti..barangkali ada yang koplak…, ternyata setelah seluruh di cek sendiri , dan merasa yakin tidak apa apa terhadap dirinya, Pa RT Junot bangga dan berkata agak sombong “ kalo bukan saya yang jatoh ke parit itu…pasti sudah lewaaat” sambil tangan pepeta (mempraktekan), “sekurang kurangnya dibawa ke rumah sakit Kabupaten” Pa RT Junot terus berbicara, “ ini Pa RT obat merahnya “ seorang warga memberi obat merah barangkali ada lecet lecet sedikit, “ ooo ngga ada, cukup pake ludah saya aja udah sembuh …, tuh  liat hanya memar doang ga ada yang lecet” Pa RT Junot menolak obat merah yang dari warga. “Sayaa selamat karena punya gelang bahar, batu ali, dan batu ini” Pa RT Junot memperlihatkan koleksi yang ada di tangan dan dilehernya. “ini semua berisi…, ngga sembarang yang ngisinyapun, ini didapet waktu saya berguru ke Jombang, yang ini ke Lebak, yang ini ke goa peteng di pantai selatan Cilacap. Pemirsa budiman orang orang seperti Pa RT Junot pada jamannya selalu “berisi”, dengan alasan untuk jaga jaga, agar tidak ada yang jail baik langsung maupun tidak langsung, ini hal lumrah pada waktu itu, kalau ada yang tidak berisi, justru itu yang tidak lumrah.

Berita menyebar kemana mana, makin lama makin banyak orang yang ngumpul di warung Mang Juki Sore, rata rata mereka ingin mendengar cerita Pa RT junot jawara kampung terjatuh ke parit kering tanpa luka atau lecet yang berarti. Pa RT Junot pun tambah semangat menceritakanya ke warga , walaupun ceritanya berulang ulang. Hari makin sore Pa RT Junot masih semangat bercerita, ada yang mengusulkan pindah ke rumah Pa RT Junot sendiri, dan itu usul yang bagus dan disetujui oleh Pa RT Junot. Sekarang yang banyak dikunjungi orang adalah rumahnya Pa RT Junot, sibuk dah bini dan anaknya menerima para tamu yang datang, maklum saja jawara kampung mah banyak kenalannya, tidak hanya 1 kampung saja, nama beliau mah sudah lintas kampung,... lintas sektoral.

Singkat cerita sudah 3 hari 3 malam Pa RT Junot terus ngobrol cerita beliau jatuh ke parit.., kopi….rokok kopi…rokok….tidak putus putus, pada hari ke empat badan Pa RT Junot menggigil hebat, keluarganya sudah panik…., karena  tidak pernah begini. Dalam keadaan setengah sadar Pa RT Junot dipaksa dibawa ke Puskesmas Kecamatan, dengan cepat ditangani oleh Pa Dokter langsung, padahal Pa Dokternya sudah dalam perjalanan pulang ke Ibu kota Kabupaten, mendengar melalui pesawat HT nya, bahwa yang sakit dan akan dirawat di Puskesmas ini adalah Pa RT Junot, Pa Dokter balik arah kembali, rupanya beliau kenal dengan Pa RT Junot yang suka membawa warganya ke Puskesmas untuk berobat.
Setelah selesai ditangani, dan harus dirawat disini begitu kata Pa dokter, begitu ditanya penyebab sakitnya Pa RT Junot oleh keluarga beliau, Pa Dokter nyarankan agar beliau jangan diganggu dulu, dan agar dibatasi yang menjenguknya. Pa Dokter bilang sakitnya adalah sakit maag, tidak dirasa... terus naik ke tipes…., kalo ngga cepat diatasi beliau bisa lewat. Wajar saja beliau bisa begitu selama 3 hari 3 malam tanpa istirahat roko kopi jalan terus…, akibatnya dirawat di Puskesmas…, kulit boleh kebal.., tulang boleh dari besi…, kumis boleh baplang…, berani ngelawan banyak orang…, ngga ada takut nyaa, tapiiii ngelawan penyakit tipes mah jawara kahot juga nyeraaaaahhh, kumis baplang racung ke atas.., langsung turun lempes he’he’he’, untung masih tertolong dan bisa sehat kembali hingga sekarang. Setelah kejadian ini, Pa RT Junot agak berubah sifat dan sikapnya…, tapi sewaktu waktu suka muncul yang aslinya.

Baiklah Pemirsa budiman tadi acara selingan, kita kembali posisi dimana Pa RT Junot, Jeki Siang , Jeki Malam dan Mang Juneh Pantes sedang kongres di Pos Ronda.

Mang Juneh…, apa betul…itu nama asli make Pantes…?” Tanya Jeki Malam, “iya tuh anak anak pengen tau kenapa dibelakang Juneh make Pantes ..ngga nama yang lain” tambah Pa RT Junot, “betul nama asli Mang…Juneh Pantes asli dari orang tua Mang..” jawab Mang Juneh Pantes, “orang tua kita mah dulu mateng dalam segala hal termasuk memberi nama.., harus pas itung itungannya…, agar selama hidupnya kita ini selalu berkah selamat dunya dan akhirat”, “yang Mang rasakan sampe sekarang nama Pantes ini membawa berkah ngga…kediri Mang” Jeki Siang memberi pertanyaan yang langsung kepada manfaat nama beliau, “alhamdullilaaah Jek..,ternyata nama itu pas dengan kondisi Mang yang tuna netra ini, namanya gampang diinget ama siapa saja..,pantes kalo Mang sering nyasar pulang…, karena Mang ngga bisa ngeliat jalan…, pantes Mang sering keserempet motor , pantes Mang sering kecemplung parit.., pantes Mang sering nambrak tiang listrik…, pokoknya buat Mang yang buta ini...., pantes aja kalo Mang sering celaka he’he’he’, kalo kamu mah ngga pantes kalo sering celaka he’he’he’ ,  pantes Mang gampang nemuin para pejabat Desa dan pejabat Kecamata tanpa ada pertanyaan ini dan itu” jawab Mang Juneh Pantes panjang lebar dan diiringi tertawa yang renyah. “tuh Jek.. , kalo orang tua bicara banyak bener nya.., sekarang ente sudah tau sejarah nama Mang Juneh Pantes..” kata Pa RT Junot ditujukan ke Jeki Siang dan Jeki Malam, “Mang Juneh kalo pulang ke rumah.., selama dijalan ada yang ditakutin ngga ama Mang??, “ ini pertanyaan bagus..., ada Jek..., kalo pulang ke rumah jalan kaki ngga dianterin,  yang ditakutin di jalan cuma 1 “, Mang Juneh Pantes belum tuntas bicaranya sudah dipotong sama Jeki Malam “ sama hantu ya...”, “yeeeh Mang ngga takut ama hantu perhantuan mah, seserem hantu apapun..., Mang mah ngga ada takutnya.., percuma aja hantu nakut nakutin Mang pake muka yang paling serem pun, laah Mang kan buta... ngga bisa ngeliat apa apa he’he’he’” jawab Mang Juneh Pantes dengan enteng, “ jadi apa ditakutin ama Mang...?? tanya Jeki Siang, “hanya 1 yang ditakutin ama Mang mah, yaitu “mobil truk bawa bambu yang parkir dipinggir jalan” he’he’he’ “ jawab Mang Juneh Pantes, “ kenapa Mang..” Jeki Siang tanya penasaran, “ sebab suka ketipu..., tongkat Mang masuk ke bawah bambu, disangka aman ngga ada halangan, Mang jalan terus he’he’he’ , taunya ..badan Mang nambrak bambunya hua ha ha” jawab Mang Juneh Pantes sambil tertawa, bukan hanya Mang Juneh Pantes yang tertawa tetapi semua tertawa bahagia.   

                                  bersambung bagian kelima……..

Penjelasan bahasa aneh menurut Anda pada tulisan di atas ini.
1.samperin   = mendatangi
2 uneg uneg   = perasaan yang kurang baik
3.gerentes   = kata hati
4.elmu   = ilmu
5.musti  = mesti/harus
6.kebangetan  = keterlaluan
7.secuwil amat = sedikit amat
8.harep = harap
9.runyam = kacau/rumit
10.ngeres = kotor
11 jinisnya = orangnya
12.Mang = paman
13.kodrat  = Kehendak Yang Maha Kuasa
14.dipijit = dipijat
15.pantrangan = larangan
16.kehontal= tercapai
17.henpun = henpon/HP
18.semesan = SMS
19.ujug ujug = mendadak
20.madep = menghadap
21.kumisnya baplang = kumis lebat dan melintang
22.lempes = lemas
23.pepeta  = mempraktekan
24.racung = berdiri
25.ngider = keliling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar